Lihat Stadion Tuan Rumah Final Liga Champions, Lokasi Keajaiban Istanbul Tahun 2005

Gila Bola – Stadion tempat lokasi final Liga Champions 2023 ini seharusnya menjadi tuan rumah 2020 dan 2021, tetapi dua kali ditunjuk, dua kali pula ditunda akibat krisis kesehatan. Di masa lalu stadion ini pernah menjadi tuan rumah “mukjizat Istanbul” pada tahun 2005 yang melibatkan Liverpool.

Dalam waktu beberapa jam lagi pada Minggu dinihari (11/6) kita akan menyaksikan final Liga Champions antara Manchester City vs Inter di Stadion Olimpiade Ataturk di ibukota Turki, Istanbul. Ini merupakan hasil penantian sepanjang musim sejak dimulainya penyisihan grup kompetisi pada 6 September 2022 lalu.

Pada masa lalu satu tim Inggris Liverpool pernah menyaksikan keajaiban terjadi di stadion ini saat mana mereka tertinggal tiga gol oleh lawannya AC Milan, menyamakan skor 3-3 dan kemudian menang 3-2 melalui adu penalti. Apakah ini pertanda bahwa City akan mengungguli rival mereka itu, pada hari Minggu nanti?

Ataturk Stadium Dua Kali Batal Jadi Tuan Rumah FinalĀ 

Stadion kebanggaan warga Turki ini seharusnya menjadi tuan rumah final 2020 pada 30 Mei tahun itu, tetapi dibatalkan akibat situasi mencekam yang melanda seluruh dunia. Lokasi final kemudian dialihkan ke Estadio da Luz di Portugal.

Satu tahun kemudian hendak kembali hendak digelar di Ataturk Stadium namun dibatalkan di saat terakhir, lagi-lagi untuk alasan yang sama. Kali ini direlokasi ke Estadio Do Dragao di Portugal.

Setelah satu final kompetisi 2022 diselenggarakan di Stade de France, final pertama yang dilangsungkan dengan kehadiran penonton, penyelenggaraan partai puncak Liga Champions 2023 akan kembali digelar di Istanbul Turki. Kali ini tanpa halangan.

Manchester City Tuan Rumah Final Liga Champions

Lokasi final Liga Champions ini netral, bukan kandang dari kedua tim finalis, tetapi Manchester City akan bertindak sebagai “host” dalam artian diizinkan mengenakan seragam kandang saat melawan pasukan Simone Inzaghi.

Terakhir kali mereka lolos ke final, pada tahun 2021 yang seharusnya dilakukan di Ataturk Stadium ini namun kemudian dipindah ke Stadio do Dragao karena krisis kesehatan di Turki, tim biru langit juga bertindak sebagai tuan rumah.

Namun kebanggaan akan jersey biru muda pupus setelah mereka dikalahkan oleh Chelsea yang kurang difavoritkan dengan satu-satunya gol dicetak oleh Kai Havertz jelang akhir babak pertama.

Stadion Ataturk Lokasi Final Liga Champions Akan Direnovasi

Seturut rencana Turki melakukan bid untuk menjadi tuan rumah Euro 2024, mereka akan melakukan renovasi atas stadion ini, memotong jalur lari dan mendekatkan tribun penonton ke sisi lapangan bola.

Itu merupakan renovasi kesekian kalinya atas stadion ini setelah sebelumnya pernah mengalami renovasi sebelum final Liga Champions 2005 dengan menyingkirkan semua kursi penonton yang terhalang oleh tiang-tiang stadion, menyebabkan kapasitas maksimalnya merosot dari 85 ribuan tempat duduk menjadi hanya 76 ribu saja.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!