Manchester City Juara Liga Champions 2022/2023, Raih Treble Winner Usai Kalahkan Inter Milan

Gila Bola – Manchester City juara Liga Champions 2022/2023 usai mengalahkan Inter Milan dengan skor 1-0 di Ataturk Olimpiyat Stadi Turki, gol dari Rodri berhasil mengantarkan The Citizen meraih gelar Treble Winner.

Manchester City akhirnya berhasil meraih gelar juara Liga Champions yang artinya mereka meraih Treble Winner usai sebelumnya juga memenangkan Piala FA dan gelar juara Premier League. Sebuah pencapaian yang luar biasa dari pasukan Pep Guardiola1

Di babak pertama Manchester City mencoba untuk mendominasi bola di 15 menit pertama sementara Inter Milan asuhan Simone Inzaghi membalas dengan memberikan tekanan yang membuat pasukan Pep Guardiola sedikit kewalahan untuk mengirimkan serangan mereka.

Bernardo Silva mendapatkan peluang untuk mencetak gol saat laga memasuki menit ke lima yang sayangnya masih melebar dari gawang Inter.

Inter mengandalkan sisi lapangan untuk menekan pertahanan City melalui Denzel Dumfries dan Federico Dimarco.

Memasuki pertengahan babak pertama, Nerazzurri berhasil meredam hampir semua serangan The CItizen, namun tetap belum mampu memberikan ancaman ke gawang lawan.

Sebuah kesalahan fatal nyaris membuat Man City celaka saat Ederson salah mengirimkan bola, Nicolo Barella menyambar bola dan melepaskan tembakan yang sayangnya tak mengancam gawang Manuel Akanji.

Peluang terbaik sang juara Premier League di paruh pertama adalah saat Kevin De Bruyne mengirimkan umpan terobosan ke arah Erling Haaland yang behrasil lolos dari penjagaan ketat bek Inter, tembakan sang top skorer liga domestik berhasil dipatahkan oleh kiper Andre Onana.

Sayangnya Manchester City harus kehilangan Kevin De Bruyne sepuluh menit sebelum waktu turun minum, sang pemain meminta untuk digantikan karena cedera, Pep Guardiola mengirim masuk Phil Foden untuk menggantikan posisinya.

Tak ada gol yang tercipta di babak pertama, skor bertahan 0-0 tanpa gol saat memasuki waktu turun minum.

Di babak kedua Inter milan tampil lebih menekan, mereka bisa mengimbangi permainan Manchester City dan lebih banyak mengirimkan ancaman.

Selain itu, laga juga berjalan semakin panas antara kedua kubu, sejumlah pelanggaran terjadi dalam perebutan bola. Edin Dzeko tampaknya cedera dan posisinya digantikan oleh Romelu Lukaku.

Sebuah blunder membuat gawang Manchester City terancam di menit 59 saat Akanji membiarkan bola backpass melewatinya dengan maksud meneruskannya kepada kiper Ederson, namun Lautaro Martinez berhasil mencuri bola dan berhadapan langsung satu lawan satu dengan sang kiper, beruntung Ederson berhasil memblok bola, akan beda ceritanya jika saja ia mengirimkan bola kepada Lukaku.

Kebuntuan pecah di menit 68 saat Rodri berhasil melesakkan bola ke gawang Inter Milan dan merubah kedudukan menjadi 1-0 bagi keunggulan Manchester City!

Akanji memulai serangan dengan mengirimkan bola kepada Silva di sisi kanan, dan meneruskan bola ke tengah yang sempat dibelokkan karena mengenai Darmian, bola mengarah ke Rodri yang langsung menghajar bola melesat masuk ke sisi kiri gawang Inter!

Inter Milan nyaris menyamakan kedudukan saat terjadi kemelut di mulut gawang Ederson di menit 70! Dimarco seharusnya bisa menyamakan kedudukan, dua sundulannya di mulut gawang gagal! Sundulan pertamanya menghantam mistar gawang, bola rebound ia sundul lagi namun mengenai kaki Romelu Lukaku!

Romelu Lukaku dengan peluang emasnya di menit 88 berhasil digagalkan oleh Ederson! Lukaku melepaskan sundulan menyambut bola kiriman Gosens saat berhadapan satu lawan satu dengan Ederson, namun bola menghantam lutut kiper asal Brasil ini!

Pada akhirnya Inter gagal membalaskan satu gol Manchester City, pertandingan pun berakhir dan The Citizen resmi menjadi juara Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub!

Susunan Pemain

Manchester City (3-2-4-1): Ederson; Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; John Stones, Rodri; Bernardo Silva, Ilkay Gundogan, Jack Grealish; Erling Haaland

Inter Milan (3-5-2): Andre Onana; Matteo Darmian, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni; Denzel Dumfries, Nicolo Barella, Marcelo Brozovic, Hakan Calhanoglu, Federico Dimarco; Lautaro Martinez, Edin Dzeko

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!