Real Madrid Juara Liga Champions 2024, Kalahkan Borussia Dortmund 2-0

Gila BolaReal Madrid berhasil menjadi juara Liga Champions 2023/2024 usai mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 0-2 di Stadion Wembley, dua gol Los Blancos dicetak oleh Dani Carvajal dan Vinicius Junior.

Setelah susah payah berusaha menembus pertahanan Dortmund di babak pertama, Madrid akhirnya berhasil melesakkan dua gol di babak kedua, Carvajal menjadi yang pertama menjebol gawang Gregor Kobel di menit le-74 dan Vinicius Junior di menit ke-83.

Kemenangan ini berarti Los Blancos meraih gelar juara Liga Champions ke-15 mereka sementara Borussia Dortmund kembali mengulangi kegagalan di babak final setelah sebelumnya mereka juga pernah takluk dari Munchen sembilan tahun lalu di stadion yang sama.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama: Dortmund Dominasi Pertandingan

Peluang pertama Real Madrid datang pada menit ke-12 ketika Federico Valverde mencoba tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti, namun tidak tepat sasaran.

Tiga menit kemudian, Dortmund mengancam. Julian Brandt melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tetapi bola meleset ke samping kiri gawang Thibaut Courtois.

Pada menit ke-21, Dortmund hampir mencetak gol. Karim Adeyemi lolos dari jebakan offside, tetapi sentuhan pertamanya tidak sempurna, sehingga peluang emas terbuang sia-sia. Adeyemi masih menguasai bola, tetapi tembakannya diblok pemain Madrid dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dua menit kemudian, Niclas Fullkrug mencoba peruntungan. Tembakannya tidak mampu diantisipasi Courtois namun membentur tiang kanan gawang.

Madrid terus tertekan. Pada menit ke-28, Adeyemi kembali mendapat peluang dari umpan Julian Brandt, namun tembakannya berhasil dibendung Courtois.

Vinicius Junior, Jude Bellingham, dan Rodrygo dari Madrid kesulitan mengancam gawang Dortmund yang dijaga Gregor Kobel. Courtois dipaksa bekerja keras, termasuk menggagalkan tembakan Marcel Sabitzer dari luar kotak penalti pada menit ke-41.

Dortmund mendominasi sisa babak pertama, namun skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Babak Kedua: Gol Carvajal dan Vinicius Jadi Penentu

Di awal paruh kedua, Kroos mencoba mencetak gol dari sudut sempit, dan Kobel dengan susah payah mencegah bola masuk ke pojok atas! Carvajal menyundul bola dari sepak pojok, tetapi melambung di atas mistar. Kata-kata Ancelotti saat jeda pertandingan tampaknya memberikan motivasi!

Carvajal hampir saja berhasil membuka keunggulan di menit ke-57! Bek kanan berpengalaman ini menerima umpan melambung ke tiang jauh, namun Maatsen berhasil menghalau tendangan volinya dan Kobel bisa mengamankan bola.

Serangan Dortmund kembali hampir menjebol gawang Madrid, namun Courtois masih terlalu tangguh. Ia menepis sundulan jarak dekat Fullkrug.

Gol akhirnya tercipta untuk Real Madrid pada menit ke-74 melalui sundulan Carvajal yang memanfaatkan sepak pojok Kroos. Jude Bellingham hampir menggandakan keunggulan Madrid tiga menit kemudian, tetapi sentuhan Schlotterbeck membuat bola melenceng.

Tidak lama kemudian, Camavinga melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang hampir masuk andai Kobel tidak melakukan penyelamatan.

Bellingham tidak berhasil mencetak gol, tetapi ia memberikan assist untuk gol kedua Madrid yang dicetak Vinicius Junior pada menit ke-83.

Asa Dortmund untuk mengubah keadaan sempat muncul saat Fullkrug mencetak gol pada menit ke-87, namun dianulir karena offside setelah dikonfirmasi oleh VAR.

Keunggulan 2-0 Real Madrid bertahan hingga akhir pertandingan, memastikan mereka juara Liga Champions 2023-2024.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-2-3-1)

  • Gregor Kobel; Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Ian Maatsen; Marcel Sabitzer, Emre Can; Jadon Sancho, Julian Brandt, Karim Adeyemi; Niclas Fullkrug

Real Madrid (4-3-1-2)

  • Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Nacho, Ferland Mendy; Federico Valverde, Eduardo Camavinga, Toni Kroos; Jude Bellingham; Rodrygo, Vinicius Junior

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!