Satu Grup Dengan Juara Portugal dan Salzburg, Inter Coba Ulangi Sejarah Musim Lalu di Liga Champions

Gila BolaInter akan merasa dirinya cukup beruntung satu grup dengan juara Portugal Benfica dan juga RB Salzburg asal Austria usai drawing Liga Champions. Ini tidak terlalu berat dibandingkan komposisi tim satu grup musim lalu. Mungkin Real Sociedad akan lebih merepotkan.

Musim baru di Eropa, upaya baru oleh Inter, yang merasa sangat patah hati setelah kalah di final Liga Champions 2023 di tangan Manchester City.

Inter musim lalu sama sekali tidak dijagokan setelah satu grup dengan Bayern Munchen dan Barcelona, tetapi mereka malah lolos sebagai runner-up grup dan kemudian melaju sampai ke partai puncak.

Nerazzurri berhasil mematahkan perlawanan Benfica di tahap perempat final Liga Champions musim lalu.

Bagaimana Inter Melaju ke Liga Champions Musim Ini?

Pasukan Simone Inzaghi melaju ke kompetisi UCL musim ini setelah menempati posisi ketiga klasemen akhir Serie A musim lalu, berada di bawah dua rival mereka Napoli dan Lazio.

Inter adalah tim finalis 2023, kalah oleh Man City di partai puncak yang berlangsung di Istanbul Turki. Itu sebabnya mereka mengantongi nilai koefisien UEFA sebesar 96.000 dan ditempatkan di Pot Kedua drawing malam ini.

Napoli sang juara liga domestik Italia menempati Pot Pertama bersama enam juara liga lainnya di Eropa, sedangkan Lazio dan AC Milan berada di Pot Ketiga.

Inter Terakhir Kali Juara UCL Pada 2010, di Bawah Era Jose Mourinho

Nerazzurri sudah menjadi juara Eropa sebanyak tiga kali. Dua terjadi di era yang sudah sangat lampau, 1964 dan 1965 dan terakhir pada 2010. Tahu siapa manajernya pada 2010? Jose Mourinho.

Itu merupakan musim yang tidak akan dilupakan oleh para pendukung seta Inter karena untuk pertama kalinya merebut tiga gelar sekaligus. Scudetto atau juara Serie A dan juga juga Coppa Italia, selain trofi kuping besar.

Setelah tahun 2010 itu Inter melaju ke kompetisi yang sama dua kali pada dua musim berikutnya, namun terhenti di babak perempat final dan 16 besar. Setelah itu absen untuk waktu yang cukup lama.

Inter baru kembali lagi ke UCL pada 2018/19 dan selama tiga musim setelah itu dihentikan di penyisihan grup. Baru pada percobaan keempat, 2021/22 mereka berhasil tembus sampai ke tahap 16 besar, tapi itupun juga dihentikan oleh Liverpool.

Namun pada musim 2022/23 Nerazzurri melaju sangat kuat dengan lolos sebagai runner-up dari tahap grup yang berisi Bayern Munchen, Viktoria Plzen dan Barcelona.

Di tahap sistem gugur secara berturut-turut Inter menghabisi FC Porto dari Portugal pada 16 besar, kemudian Benfica di babak perempat final, dan menghentikan perlawanan tetangganya AC Milan di empat besar kompetisi itu. Sayangnya, perjuangan historis mereka terhenti final.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!