Skenario Grup F Jelang Matchday Terakhir, Satu Tiket Tersisa Untuk Lolos 16 Besar Milik Siapa?

Gilabola.com – Satu tiket ke babak 16 besar di Grup F yang dikenal sebagai grup neraka sudah dipastikan milik Borussia Dortmund, tapi siapa yang berhak untuk mengunci tiket tersisa jelang matchday terakhir?

Kita ulas dulu hasil pertandingan di matchday kelima ini. Borussia Dortmund meraih kemenangan 1-3 yang sangat krusial atas tuan rumah AC Milan untuk menjadi tiga kemenangan beruntun setelah hanya satu poin dari dua laga sebelumnya.

Penalti Marco Reus memberi keunggulan awal bagi Die Borussen menit ke-10, dan sementara Samuel Chukwueze sempat menyamakan skor, gol-gol Jamie Bynoe-Gittens dan Karim Adeyemi di babak kedua akhirnya mengakhiri perlawanan tuan rumah.

Di pertandingan lain, Newcastle United akan merasa sangat menyesal karena kemenangan yang sudah di depan mata melawan Paris Saint-Germain buyar di menit akhir gara-gara penalti.

Alexander Isak memberi keunggulan bagi The Magpies di babak pertama, sayangnya bahwa PSG kemudian dianugerahi penalti di masa injury time yang dieksekusi Kylian Mbappe, membuat skor jadi imbang 1-1.

Sekarang, dengan dua hasil itu, urutan klasemennya adalah Borussia Dortmund (10 poin), Paris Saint-Germain (7 poin), Newcastle United (5 poin), dan AC Milan (5 poin).

Secara head to head, Newcastle dan Milan seimbang setelah bermain seri dengan tanpa gol di San Siro, tapi The Magpies berhak berada di posisi yang lebih baik berkat margin gol (0) dibandingkan Rossoneri (-4).

Sekarang, bagaimana skenario tim yang akan lolos ke babak 16 besar dan menyusul Borussia Dortmund (10 poin) yang sudah tidak mungkin turun dari dua besar, apapun yang terjadi di lahga terakhir.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Bagi Paris Saint-Germain, mereka bisa lolos asal menang atas Dortmund di pertandingan terakhir di Signal Iduna Park, setelah sebelumnya menang 2-0 di matchday pertama di Parc des Princes.

PSG juga bisa lolos ke 16 besar jika bermain imbang atau bahkan kalah, asalkan duel antara Newcastle United vs AC Milan tidak menghasilkan pemenang alias berakhir imbang.

Bagi Newcastle United dan AC Milan, kemenangan sudah pasti menjadi syarat pertama kalau ingin lolos ke babak 16 besar, tapi itu bukan satu-satunya syarat, karena mereka masih butuh syarat kedua.

Syarat kedua adalah, selain mereka menang, juga harus melihat Paris Saint-Germain kalah melawan Borussia Dortmund. Jika PSG imbang, Newcastle masih bisa lolos jika menang, karena unggul head to head. Tapi bagi Milan, kemenangan akan sia-sia karena kalah head to head dari tim Ligue 1 itu.