Hasil Vietnam vs Indonesia 0-3, Skuad Garuda Akhiri Rekor Buruk di Kandang Vietnam

Gila Bola – Hasil Vietnam vs Indonesia di laga putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) malam, berakhir dengan skor 0-3.

Tim Merah Putih kembali menang di pertemuan kedua melawan Vietnam, setelah sebelum juga menang 1-0 saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini digelar di Stadion Utama Bung Karno, Senayan Jakarta pekan lalu.

Dalam laga malam ini, Jay Idzes mencetak gol pembuka kemenangan Indonesia saat laga baru berjalan sembilan menit.

Ragnar Oratmangoen kemudian menggandakan skor Indonesia di menit 23. Terakhir, Ramadhan Sananta yang baru dimainkan di babak kedua menambah koleksi gol Indonesia di masa injury 90+8, yang membawa Indonesia berhasil membukukan kemenangan telak 3-0 di kandang Vietnam.

Dalam laga ini, skuad Garuda tunjukkan permainan yang benar-benar berbeda dan berhasil menekan pertahanan Vietnam sejak awal laga, meskipun laga digelar di kandang tim Golden Star Warriors.

Indonesia Bikin Vietnam Tak Berkutik

Setelah berhasil tunjukkan permainan menekan, Jay Idzes sukses memanfaatkan sepak pojok Thom Haye dengan sundulan kepalanya dan membawa Indonesia unggul 1-0. GOL!

Tuan rumah Vietnam sebenarnya nyaris samakan kedudukan di menit ke-11, saat Nguyen Tien Linh berusaha menyarangkan sundulannya. Namun, upaya lawan bisa digagalkan Ernando Ari.

Alih-alih samakan kedudukan, gawang Vietnam malah kembali kebobolan di menit 23. Ragnar lakukan solo run dari tengah lapangan dan berhasil melewati penjagan empat pemain lawan untuk kemudian menyarangkan bola ke gawang Filip. 2-0!

Lalu, Ramadhan Sananta yang baru diturunkan Shin Tae-yong di babak kedua berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Vietnam di masa injury. Ketika itu beberapa kali peluang Indonesia berhasil digagalkan para pemain tuan rumah, sampai akhirnya bola liar mampir ke kaki Sananta yang langsung dimanfaatkannya untuk mencetak gol ketiga Indonesia di masa injury. 3-0!

Indonesia ke Peringkat Dua Grup F, Akhiri Rekor Buruk di Kandang Vietnam

Ernando Ari kembali dimainkan pelatih Shin Tae-yong di laga ini, tapi pelatih asal Korea Selatan itu tak lakukan perubahan di lini belakang, dan tetap andalkan Jay Idzes, Rizky Ridho serta  Justin Hubner di lini belakang.

Berkat kemenangan ini, Indonesia naik ke peringkat dua Grup F dengan koleksi poin tujuh – lima poin di belakang Irak yang menduduki posisi teratas grup. Sedangkan Vietnam, saat ini berada di posisi ketiga dengan hanya kantongi poin tujuh.

Kemenangan ini sekaligus juga mengakhiri rekor tak pernah menang saat Timnas Indonesia bermain di kandang Vietnam, di mana kemenangan terakhir skuad Garuda di kandang Vietnam terjadi di tahun 2004.

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia

  • Vietnam (5-4-1): Filip Nguyen (PG); Bui Tien Dung, Pham Xuann Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh Vu Van Thanh; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Khuat Van Khang, Nguyen Thai Son; Nguyen Tien Linh.
  • Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari (PG); Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On;Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen; Hokky Caraka.
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!