Timnas Indonesia Perbaiki Posisi Ranking Fifa dan Geser Empat Negara

Gila Bola – Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam di Hanoi, Selasa (26/3), membuat Ranking Fifa skuad Garuda naik ke peringkat 135 dari 139 dunia.

Timnas Indonesia menang 3-0 atas Timnas Vietnam saat kedua tim bertemu di putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dalam laga yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi.

Jika posisi Indonesia dalam ranking Fifa kini menjadi lebih baik, Vietnam justru cukup merosot. Mereka berkurang 14,66 poin, mereka turun tiga peringkat menjadi 115.

Dalam laga tersebut, Yidzes membuka kran gol Indonesia saat laga baru berjalan sembilan menit. Ia berhasil memanfaatkan umpan yang disodorkan Thom Haye, dan menceploskan bola ke gawang tuan rumah.

Ragnar Oratmangoen lalu menggandakan skor tim Merah Putih di menit ke-23. Usai menerima umpan Nathan Tjoe-A-On, Ragnar lakukan aksi solo run dan berhasil lewati empat pemain Vietnam, untuk menyarangkan bola dengan kaki kirinya.

Terakhir, Ramadhan Sananta berhasil memanfaatkan bola liar di depan gawang tuan rumah, dan menambah koleksi gol Indonesia di laga ini menjadi 3-0.

Indonesia Naik ke Urutan Dua Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kemenangan ini juga membuat Indonesia bertengger di urutan dua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dengan mengantongi tujuh poin – lima angka di belakang Irak yang berada di puncak klasemen.

Beruntung bagi Irak, mereka sudah mendapat tiket lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dan akan bertarung di putaran final Piala Asia 2027.

Sedangkan Vietnam, dua kekalahan beruntun dari Indonesia membuat mereka kini berada di posisi ketiga klasemen Grup F dengan kantong poin tiga.

Indonesia Kini di Posisi 135 Ranking Fifa

Selain naik posisinya di papan klasemen grup, kemenangan Indonesia atas Vietnam pada Selasa malam juga membuat tim Merah Putih berhasil memperbaiki posisinya di Ranking Fifa.

Kemenangan membuat Indonesia mendapat tambahan poin sebanyak 14,67 poin di ranking FIFA, hingga total kini Indonesia mengantongi 1102.70 poin. Berkat tambahan poin ini, posisi Indonesia pun naik empat peringkat ke posisi 135 dunia per 26 Maret 2024.

Berkat keberhasilan ini, Indonesia pun menggeser tiga negara dalam ranking Fifa, yaitu Kuwait kini di posisi 138 dunia, Lithuania 137 dunia, Latvia 136 dan Nicaragua di 135 dunia. Demikian diungkapkan situs resmi ranking Fifa.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!