Kualifikasi Piala Dunia di Zona Ini Butuh 2 Tahun Lebih Untuk Selesai

Gila Bola – Saking lamanya kualifikasi di zona ini, mereka sudah memulai kualifikasi untuk Piala Dunia 2026, sementara di kawasan Eropa masih berkonsentrasi pada siapa lolos dan siapa gagal untuk Piala Eropa 2024! Tahu kawasan ini ada di mana?

Kualifikasi untuk zona Amerika Selatan atau Conmebol akan memasuki matchday ketiganya pada jeda internasional, yang antara lain ditandai oleh laga Argentina vs Paraguay pada 12 Oktober 2023, serta Brasil vs Venezuela pada hari yang sama.

Matchday keempat akan berlangsung selang lima hari kemudian dengan Peru vs Argentina serta uruguay vs Brasil.

18 Pertandingan Dalam Rentang Dua Tahun!

Zona Conmebol ini memiliki 10 negara dan mereka bersikukuh dengan kebijakan untuk saling berhadapan kandang serta tandang, menyebabkan akan terjadi 18 pertandingan untuk setiap tim.

Jika dibagi rata ada dua pertandingan untuk setiap international break maka dibutuhkan sembilan kali jeda untuk menyelesaikan seluruh 18 laga untuk setiap negara di Amerika Selatan ini.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 sudah dimulai 7 September 2023 dan akan berakhir, tahu kapan? Bulan September 2025. Persis dua tahun kemudian. Masih ada sisa delapan bulan untuk persiapan sebelum Piala Dunia 2026 dimulai di Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

Kualifikasi di Eropa Baru Dimulai Maret 2025

Untuk bisa memahami seberapa menyulitkan kualifikasi di zona Amerika Latin ini maka kita harus mengetahui bahwa kualifikasi zona UEFA atau Eropa untuk Piala Dunia 2026 baru dimulai pada Maret 2025.

UEFA hanya butuh satu tahun periode, antara Maret 2025 sampai Maret 2026 untuk menyelesaikan 10 atau delapan laga kualifikasi mereka. Mengapa bisa begitu?

Hanya butuh satu tahun karena UEFA membagi 55 negara anggotanya dalam berbagai grup. Tidak mungkin mengharuskan 55 negara untuk tandang dan kandang setiap kali memulai kualifikasi Piala Dunia, seperti model Conmebol.

55 negara berarti ada 54 kali main kandang dan 54 kali tandang. Kapan selesainya?

Asia Sebenarnya Juga Sama Lamanya, Tapi Untuk Alasan Berbeda

AFC selaku otoritas sepak bola di kawasan Asia sebenarnya juga butuh waktu yang hampir sama seperti Amerika Selatan. Kualifikasi dimulai Oktober 2023 ini dan baru akan berakhir November 2025.

Di Asia ada perbedaan kualitas yang cukup lebar antara beberapa raksasa kawasan ini, misalnya Jepang, Korea Selatan, Iran dan Arab Saudi, dengan beberapa negara lain.

Itu sebabnya ada tahap pertama saat 10 negara berhadapan satu lawan satu dengan 10 negara lain guna mencari 10 pemenang, termasuk Indonesia yang akan bertemu Brunei pada dua leg, 12 dan 17 Oktober 2023.

Pemenang 10 duel ini akan masuk ke dalam sembilan grup terpisah untuk putaran kedua, dengan juara dan runner-up akan lolos ke putaran ketiga.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!