Kalau Bukan Karena Xavi Hernandez Barcelona Sudah Kehilangan Alejandro Balde

Gila Bola – Xavi Hernandez hentikan upaya Barcelona meminjamkan wonderkid La Masia, Alejandro Balde, pada musim panas mendatang.

Alejandro Balde telah menjadi bintang baru di La Liga musim ini, di mana ia menjadi bek kiri pilihan pertama Barcelona hanya dalam hitungan bulan, setelah tampil menawan di kompetisi domestik.

Meroketnya karir Balde bersama klubnya membuat ia dipanggil ke Timnas Spanyol – untuk pertama kalinya, di Piala Dunia 2022. Bek kiri 19 tahun itu dipanggil Luis Enrique sebagai pengganti Jose Gaya yang cedera.

Namun, di tengah suka-cita dipanggilnya Balde ke skuad La Roja, mantan Direktur Olahraga Barcelona Ramon Planes mengonfirmasikan, Barcelona justru ingin meminjamkan Balde ke klub lain di bursa transfer musim panas.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

“Musim panas ini kami mencoba pinjamkan Alejandro Balde. Setelah Marcos Alonso masuk, kami pikir Barcelona akan meminjamkannya, tapi Xavi Hernandez ingin mempertahankan pemain itu,” ujar Planes yang saat ini menjabat direktur di Getafe.

Terdesak Kedatangan Marcos Alonso

Diungkapkan Barca Universal, dipinjamkannya Balde ke klub lain bisa saja menjadi ide yang masuk akal ketika itu, apalagi Barca berhasil datangkan Marcos Alonso dari Chelsea. Namun Balde akhirnya tetap di Camp Nou setelah Jordi Alba lakoni awal yang sulit musim ini.

Balde juga tak tampil mengecewakan, di mana ia selalu tunjukkan permainan yang bagus setelah dipanggil dan akhirnya menjadi bek kiri pilihan pertama Xavi Hernandez yang tak tergantikan musim ini. Akibatnya, justru Alba yang lebih berpengalaman-lah yang merosot di urutan permainan Blaugrana.

Waspadai Ketertarikan Klub Lain

Dalam perkembangannya, Balde kini mendapat peran yang lebih penting di tim Catalan tersebut. Namun, Barca juga harus memperbarui kesepakatan yang ada di dalam kontraknya saat ini di Camp Nou, yang dijadwalkan selesai pada tahun 2024.

Sejauh ini sudah ada pembicaraan kontrak baru yang bisa membantu Barcelona mempertahankan Balde sebagai andalan di skuad Xavi Hernandez.

Namun Barca juga harus mewaspadai manuver yang dilakukan sejumlah klub yang bisa saja tertarik pada penampilan Balde bersama Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022.

Pelapis yang Singkirkan Jordi Alba

Alejandro Balde yang lahir di Barcelona, Catalan, merupakan keturunan Guinea dari sang ayah dan Dominika dari ibunya. Ia bergabung dengan Barca pada tahun 2011, saat usianya baru delapan tahun, dan datang dari rival terdekatnya, Espanyol.

Pada Juli 2021, Balde teken kontrak baru dengan Barca yang berlaku sampai tahun 2024. Yang menurut Wikipedia dilengkapi pula dengan klausul rilis sebesar 500 juta Euro, atau mencapai Rp 8 triliun!

Balde tampil menawan selama latihan pramusim di musim panas 2021, dan memulai musim baru sebagai pelapis Jordi Alba. Dia sudah duduk di bench di pertandingan pembuka melawan Real Sociedad dan di laga berikutnya melawan Athletic Bilbao.

Pada 14 September 2021, Balde akhirnya mainkan pertandingan resmi pertamanya untuk tim utama Barcelona – di mana ia tampil menggantikan Jordi Alba di menit 74. Sayangnya pertandingan di fase grup Liga Champions itu Barca kalah 3-0.

PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET
SebelumnyaAntonio Rudiger Sindir Fans Soal Favorit Juara Piala Dunia 2022
SelanjutnyaGareth Bale Ungkap Kondisinya Jelang Laga Timnas Wales di Grup B Piala Dunia 2022