Setelah Busquets, Jordi Alba RESMI Tinggalkan Barcelona Akhir Musim Ini!

Gila Bola – Pemain veteran Jordi Alba akan resmi tinggalkan Barcelona pada akhir musim ini.

Gerard Romero memberitakan, Jordi Alba akan tinggalkan klub yang telah dibelanya sejak tahun 2012 itu setelah musim ini berakhir. Beberapa sumber di ofisial klub juga telah mengonfirmasikan berita ini kepada para wartawan.

Jordi Alba saat ini masih memiliki sisa kontrak satu tahun dengan Barcelona. Namun klub Catalan itu mendorongnya untuk mempertimbangkan peluang hengkang, karena mereka tak bisa bayarkan gajinya yang tinggi dan akan naik menjadi 30 juta Euro atau setara Rp 482 Miliar per musim mulai musim depan – akibat tunggakan upah dan beberapa kenaikan dalam kesepakatannya.

Saat ini, tengah digelar pembicaraan mengenai pemutusan kontrak bersama, atau bahkan kemungkinan pengurangan gaji.

Jordi Alba selalu menyatakan ingin menuntaskan sisa kontraknya di Barca dan mengisyaratkan terbuka untuk membantu klub secara finansial dengan pemotongan gaji.

Jordi Alba Ikhlaskan Gajinya yang Masih Ditunggak Barca

Namun, tampaknya kedua belah pihak akhirnya putuskan untuk berpisah. Jordi Alba putuskan untuk keluar dari Camp Nou. Bek sayap veteran itu juga ikhlaskan sebagian besar gaji yang harusnya dibayarkan Barca kepadanya.

Jordi Alba – pemain jebolan La Masia tahun 2005, sempat meninggalkan Barca saat usianya masih remaja untuk bergabung dengan Cornelia dan Valencia, sebelum akhirnya kembali ke Blaugrana pada tahun 2012.

Sejak saat itu, Alba menjadi starter di posisi bek kiri yang tak tergantikan, bahkan selama satu dekade terakhir. ia sudah bermain dalam 450 pertandingan untuk klub Catalan itu, dan ikut memenangkan enam gelar juara La Liga serta satu trofi Liga Champions.

Alba Bukan Pemain Penting Lagi di Barcelona

Namun di musim 2022/23 ini, Jordi Alba kehilangan tempatnya di starting XI Barcelona dan digantikan pemain muda yang juga jebolan La Masia, Alejandro Balde. Kini, Alba tak lagi menjadi pemain penting dalam rencana Xavi Hernandez.

Karena itulah, Alba kini putuskan untuk pindah dan temukan tantangan baru di klub lain, meskipun belum jelas ke mana ia akan berlabuh. Sejauh ini ada beberapa klub yang tertarik pada pemain veteran itu, seperti Inter Milan dan Juventus.

Akankah Hengkangnya Jordi Alba Pengaruhi Kedatangan Lionel Messi?

Jordi Alba akan menjadi KAPTEN KETIGA yang tinggalkan Barcelona musim ini, setelah Gerard Pique pensiun dari sepak bola pada bulan November 2022 dan Sergio Busquets umumkan keputusannya untuk hengkang saat kontraknya selesai pada 30 Juni 2023.

Tentunya hal ini memicu munculnya pertanyaan apakah hengkangnya Alba, maupun Busquets, akan berdampak pada upaya Barca untuk memboyong pulang Lionel Messi.

Pasalnya, mereka bertekad selama ini dikenal berteman sangat dekat dan sebelumnya juga dilaporkan, masa depan mereka kemungkinan akan saling terkait.

Namun Romero mengklarifikasi, hal itu tak akan terjadi, kepergian Alba dari Barcelona tak akan memiliki dampak apapun pada kemungkinan pulangnya Messi ke Catalan di musim panas ini.

Perubahan besar memang sedang terjadi di Barca musim panas ini, di mana dua bintang veteran mereka yang mapan dan telah menjadi legenda klub akan ucapkan selamat tinggal. Sementara skuad Blaugrana juga akan pindah dari Camp Nou ke Stadion Olimpiade Montjuic hingga bulan November 2024. Demikian diungkapkan Barca Universal.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!