Berakhirnya Rivalitas Jurgen Klopp vs Pep Guardiola dan Laga Terakhir Kedua Pelatih Hebat

Gilabola.com – Berita tentang Jurgen Klopp yang akan meninggalkan Liverpool juga menandakan berakhirnya rivalitasnya dengan Pep Guardiola, sebuah rivalitas yang sangat sulit ditemui akhir-akhir ini.

Dan dengan kepergian Jurgen Klopp nanti, siapa yang akan menjadi rival yang sepadan bagi pep Guardiola? Akankah rivalitas yang kini semakin sulit kita lihat juga akan berakhir dengan kepergian Klopp?

Rivalitas Liverpool vs Manchester City

Belum lama lalu di tahun 2022, Pep Guardiola pernah mengatakan kepada media bahwa jelas ada persaingan antara Liverpool dengan tim Manchester City, apalagi saat itu keduanya terlibat dalam perebutan gelar juara Liga Inggris.

Jurgen Klopp sebelumnya juga sudah mengumandangkan persaingan dengan Guardiola pada Desember 2019 saat mereka berhasil menjadi juara Premier League di musim itu.

Kedua tim ini berlomba membangun skuad juara, dan mereka telah meningkatkan standar dalam tiga tahun terakhir untuk saling mengalahkan di setiap musimnya.

Ini adalah era rivalitas antara Pep Guardiola vs Jurgen Klopp, Manchester City versus Liverpool, akan dianggap sebagai periode dengan kualitas persaingan tertinggi yang pernah terjadi di Premier League hingga saat ini, bahkan dalam sejarah sepak bola Inggris secara keseluruhan.

Meskipun ada beberapa hasil mengejutkan, seperti kemenangan 4-3 Liverpool di Anfield pada Januari 2018 hingga beberapa kekalahan telak yang dialami Man City, misalkan hasil imbang 2-2 pada musim 2021-22 di Merseyside pada bulan Oktober, semua laga tersebut mencerminkan rivalitas keduanya.

Persaingan Sehat Pep dan Klopp

Kompetisi antara kedua klub elit ini memang tidak pernah mencapai tingkat permusuhan yang super sengit seperti rivalitas antara Manchester United dan Arsenal di masa lalu, tetapi kualitas dan intensitas kedua tim ini belum pernah tertandingi.

Guardiola dan Klopp, keduanya saling menghormati satu sama lain, meskipun terkadang terdapat ketegangan dalam persaingan mereka.

Sayangnya, semua ini akan segera berakhir. Hanya akan ada satu pertandingan terakhir antara Guardiola dan Klopp, yang akan terjadi di Anfield pada akhir pekan kedua di bulan Maret. Meskipun belum bisa disebut sebagai laga yang akan menentukan gelar, pertandingan tersebut memiliki dampak penting.

Guardiola, telah menunjukkan konsistensi yang luar biasa bersama Manchester City, dan dampaknya dalam sepak bola Inggris tidak dapat diabaikan. Meskipun demikian, masa depannya di Man City masih belum pasti, kontraknya berakhir musim depan.

Sementara itu, penggemar City hanya dapat berharap agar pembicaraan tentang masa depan Guardiola dan hasil pertandingan terakhir antara City dan Liverpool tidak mengganggu fokus tim mereka dalam meraih kesuksesan.

Rivalitas Yang Semakin Sulit Dicari

Sangat disayangkan melihat rivalitas kedua pelatih ini begitu cepat berlalu. Kita sudah lama tak melihat rivalitas semacam yang pernah diperagakan antara Real Madrid dan Barcelona serta kedua pelatih mereka.

Kompetisi tanpa rivalitas utama terkadang cenderung membosankan, dan hal itu juga terjadi saat Bayern Munchen dan Juventus menodminasi liga domestik mereka selama bertahun-tahun lamanya.

Dan kini, saat Liverpool tengah berada di puncak klasemen Premier League dan menjadi pesaing utama bersama Manchester City untuk perebutan gelar juara, tiba-tiba DUAARRR! Kabar Jurgen Klopp akan meninggalan Liverpool seperti petir di siang bolong 🙁

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!