4 Alasan Kenapa Arsenal Bisa Juara Liga Inggris Musim 2023/2024

Setelah Liverpool dipastikan tersingkir dari persaingan untuk gelar juara Liga Inggris 2023/2024, kini dipastikan Arsenal dan Manchester City yang akan berlomba di masa akhir musim.

BACA JUGA: Beberapa Alasan Kenapa Arsenal Bisa Jadi Juara Musim Depan

Tapi, siapa yang akan memenangkan gelar juara Premier League musim ini?

Juara bertahan Manchester City tertinggal satu poin di belakang Arsenal tetapi memiliki satu pertandingan di tangan.

The Gunners sebenarnya memiliki jadwal tersulit yang tersisa, dan dengan segelintir pertandingan tersisa, kini semua adalah tentang Arsenal versus Manchester City!

Kali ini kami akan fokus pada dua tim tersebut dan memprediksi poin yang akan mereka dapatkan dan bagaimana semuanya akan berjalan antara sekarang dan hari terakhir pada 19 Mei 2024.

Dan kami akan menjelaskan nanti, mengapa Arsenal punya peluang untuk bisa memenangkan gelar juara Liga Premier musim ini.

City Masih Diunggulkan Dari Arsenal

Kita semua tahu City adalah tim raksasa dan di momen krusial musim ini mereka biasanya tancap gas, apalagi mereka mengincar treble musim ini.

Meskipun mereka terlihat rentan terhadap serangan balik dan Erling Haaland tidak setajam musim lalu, mereka masih dalam performa yang luar biasa dan mencapai puncak performaan di waktu yang tepat.

City tahu jika mereka memenangkan lima pertandingan terakhir yang mana semuanya tampak sangat bisa dimenangkan dengan laga tandang ke Tottenham menjadi satu-satunya pertandingan yang berat, maka mereka akan menjadi juara. Mereka sekarang masih menjadi favorit teratas.

4 Keuntungan Arsenal Untuk Bisa Jadi Juara

Nah kini kita akan memasuki pembahasan terkait alasan kenapa Arsenal bisa kalahkan Manchester City untuk eraih gelar juara Premier League musim 2023/2024.

Arsenal kini memiliki keuntungan karena liga menjadi satu-satunya kompetisi yang tersisa untuk mereka fokuskan. Mari kita lihat lima alasan mengapa The Gunners mungkin diam-diam percaya diri tentang peluang mereka meraih gelar Liga Inggris pertama dalam dua dekade.

Pertahanan Kokoh, William Saliba dan Gabriel luar biasa!

Arsenal memiliki catatan pertahanan terbaik di liga, hanya kebobolan 26 gol dalam 34 pertandingan Liga Inggris mereka sejauh ini. Stabilitas ini sebagian besar berkat konsistensi pasangan bek tengah yang bisa Arteta turunkan di sebagian besar pertandingan.

William Saliba dan Gabriel adalah salah satu bek terbaik di kasta tertinggi Inggris saat ini, dan keduanya menjadi pasangan luar biasa di jantung lini belakang The Gunners. David Raya hampir dipastikan mengamankan penghargaan Sarung Tangan Emas karena kiper asal Spanyol itu telah mencatatkan 13 clean sheet pada musim debutnya di klub.

Transfer Declan Rice senilai £105 juta dari West Ham United di musim panas sangat berkontribusi pada soliditas pertahanan di Emirates Stadium. Gelandang bertahan ini telah memberikan perlindungan yang sangat baik kepada Gabriel dan Saliba. Pemain Inggris itu menjadi salah satu rekrutan terbaik sepanjang musim, meskipun dengan harga yang mahal.

Keunggulan Jadwal, The Gunners Bertanding Sebelum Man City

Kemenangan besar Arsenal atas Chelsea memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Liga Inggris, meskipun tim asuhan Arteta telah memainkan satu pertandingan lebih banyak daripada Manchester City.

Di pekan ke-35, Arsenal akan bertandang ke Tottenham sementara di hari yang sama tim asuhan Pep Guardiola bertandang ke markas Nottingham Forest.

Jika The Gunners bisa meraih poin penuh melawan Tottenham, mereka akan bisa menjaga keunggulan satu poin di atas City untuk sementara, tetapi The Citizens akan memiliki satu pertandingan tunda.

Meskipun tabungan satu pertandingan masih membuat juara bertahan di atas angin, para pemain Manchester City mungkin mulai merasakan tekanan karena mereka perlu memenangkan pertandingan tunda mereka untuk mendapatkan kembali posisi teratas menggusur Arsenal.

Jumlah Selisih Gol, Arsenal Juaranya!

Alasan utama mengapa City perlu memenangkan pertandingan tunda mereka jika Arsenal mengalahkan Tottenham adalah selisih gol. Saat ini, tim London Utara itu unggul selisih gol 8 gol atas Manchester City.

Ini berarti jika ada tim yang finis dengan poin yang sama dengan tim asuhan Arteta, maka Arsenal akan diberikan trofi Liga Inggris, karena selisih gol menjadi faktor penentu sebelum faktor lainnya seperti head-to-head dan total gol dicetak.

Faktor Kelelahan Jadi Ancaman Man City

Sekarang di akhir musim kompetisi domestik Inggris, kelelahan mulai terlihat jelas pada para pemain. Hal ini terlihat dari performa Manchester City di luar Liga Inggris. Klub dominan Liga Inggris ini bermain selama 120 menit penuh melawan Real Madrid di Liga Champions lalu sempat terlihat sangat kelelahan saat menang tipis 1-0 atas Chelsea di Piala FA, namun kembali bangkit dengan kemenangan besar atas Brighton.

Jika rasa lelah ini berlanjut di skuad asuhan Guardiola, maka Arsenal dapat meraup keuntungan karena mereka telah memposisikan diri untuk siap memanfaatkan setiap kesalahan yang berpotensi terjadi dari tim favorit juara saat ini. Sementara itu, Liverpool yang terlihat loyo duluan sudah terdepak lebih dulu.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!