Apa Maunya Pep? Sudah Cetak 2 Gol Bagi Manchester City, Haaland Masih Dimarahi Pula!

Gila Bola – Adegan ini luput dari perhatian media-media utama tadi malam saat Pep Guardiola memarahi Erling Haaland, padahal ia sudah mencetak dua gol bagi Manchester City pada laga perdananya di kandang Burnley. Apa yang diomongin sih?

Sejumlah spekulasi bermunculan soal apa yang disampaikan Pep kepada sang raja gol itu saat kedua figur penting the Sky Blues ini berjalan keluar lapangan ketika turun minum. Ada yang mengatakan, si pelatih merasa tidak puas dengan kerjasamanya dengan Bernardo Silva.

Lainnya mengatakan, Pep mempermasalahkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan bekas pemain Dortmund itu, mengulangi apa yang dilakukannya musim 2022/23 lalu saat Haaland membuang 28 peluang emas di depan gawang lawan.

Tetapi ada juga netizen yang skeptis, mencoba mengutip apa yang dulu dituduhkan oleh Zlatan Ibrahimovic. Setiap kali melihat kamera mendekat dan menyorot, Pep melakukan ritual yang sama. Memberi ceramah pada pemainnya soal apa yang harus dilakukan di atas lapangan.

Usai Dimarahi Pep, Haaland Malah Gak Bisa Bikin Gol Lagi, Kan

Entah ada hubungannya atau tidak, faktanya selama paruh kedua pemain yang melesakkan 52 gol total di semua kompetisi tersebut malah tidak bisa mencetak gol tambahan.

Vincent Kompany selaku manajer Burnley melakukan apa yang harus dilakukannya untuk menyelamatkan tim, menaikkan moral skuadnya dan memperkuat pertahanan.

Statistik memperlihatkan, jika semula ada 0,87 xG atau peluang gol Man City selama paruh pertama permainan di Turf Moor ini maka peluang gol naik menjadi 1,36 untuk babak kedua, dengan 11 upaya mencetak gol selama 45 menit paruh kedua, empat tepat sasaran. Secara keseluruhan 2,23 xG selama 90 menit.

Bandingkanlah itu dengan angka harapan gol 0,87 yang didapatkan the Cityzens selama 45 menit pertama, dengan hanya lima upaya gol dan tiga tepat sasaran, dua menjadi gol pada menit keempat dan 36.

Gol Ketiga City Datang Dari Rodri

Masih ada gol ketiga datang guna memastikan kemenangan tim biru langit, yang malam ini turun dengan jersey coklat mirip seragam olahraga sekolah dasar negeri. Tapi bukan Haaland yang melakukannya, melainkan Rodri menit 76.

Dan 10 menit jelang akhir, Guardiola merasa aman untuk memainkan pemain anyar rekrutannya musim panas ini, Josko Gvardiol menggantikan Rico Lewis, selain Cole Palmer masuk untuk Haaland dan Aymeric Laporte masuk guna mendapatkan menit bermain di posisi Nathan Ake.

Ini merupakan kali kedua Man City menghajar skuad bekas kaptennya Kompany dengan skor besar. Pada pertemuan pertamanya sebelum ini, Maret 2023 lalu di ajang Piala FA, City menang dengan skor 6-0.

Apa Selanjutnya Bagi City?

Mereka akan menyambut kedatangan pasukan Eddie Howe, Newcastle United, untuk pekan kedua di Etihad pada 19 Agustus. Itu akan menjadi sebuah laga yang menyulitkan bagi tim biru langit.

Pep akan ingat dengan baik skor mengerikan 3-3 yang terjadi pada pertemuan pertama kedua tim musim lalu di St James’ Park, saat gol pertama dari Ilkay Gundogan dibalaskan oleh Miguel Almiron, Callum Wilson dan Kieran Trippier, sebelum gol-gol dari Haaland dan kemudian Bernardo Silva mengamankan satu poin bagi City.

Skuad mereka kemudian akan tandang ke tim promosi lainnya Sheffield United pada pekan ketiga, Fulham pekan keempat, lalu West Ham dan Nottingham Forest serta Wolves tiga pekan berikutnya dalam apa yang terlihat sebagai usaha untuk mendapatkan 21 poin, sebelum City tandang ke Emirates Stadium pada pekan kedelapan.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!