Awas Ketabrak! Kenalin Wasit Perempuan Pertama di Liga Inggris

Gila Bola – Ada yang berbeda di laga Liga Inggris malam ini. Seorang wasit perempuan akan memimpin para pemain yang berukuran jauh lebih besar daripada tubuhnya. Lihat saja beda tingginya dengan Erik ten Hag pada foto di atas.

Setidaknya akan ada beda tubuh 20 atau 30 centimeter dengan kebanyakan pemain di Liga Inggris saat Rebecca Welch memimpin pertandingan Fulham vs Burnley malam ini di Craven Cottage, London.

Kehadiran seorang wasit perempuan diharapkan akan mengurangi agresifitas para pemain laki-laki terhadap para pengadil, seperti yang terlihat dari banyak pertandingan sebelum ini.

Siapakah Rebecca Welch?

Sampai dengan dua tahun silam, ia masih menjadi wasit untuk pertandingan Harrogate Town vs Port Vale yang usai dengan skor 0-2.

Itu adalah sebuah pertandingan League Two, atau divisi keempat sepak bola Inggris. Dari kasta keempat ke Premier League ternyata hanya butuh dua tahun saja.

Sabtu malam (23/12) ini ia akan memimpin pertandingan pasukan Marco Silva kontra Vincent Kompany.

Dipastikan laga akan berlangsung lebih beradab sedikit. Tidak seorang pun, baik manajer kedua tim maupun 22 pemain di atas lapangan, akan bersedia diberi gelar “manusia biadab” karena mendorong atau bertikai secara fisik dengan wasit perempuan.

Rebecca Welch Sudah Menjadi Figur Internasional

Pengakuan atas kualitas sang wasit sudah muncul di dunia internasional. Ia masuk ke dalam daftar wasit elit internasional FIFA pada Desember 2020 dan menjadi salah satu korps baju hitam untuk Piala Dunia Wanita musim panas kemarin di Australia dan Selandia Baru.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Fulham bukan tim baru untuknya. Ia menjadi ofisial keempat saat pertandingan di Craven Cottage kontra Manchester United pada bulan November 2023 kemarin.

Laga pada 4 November itu berakhir 0-1 bagi kemenangan tim tamu, tanpa insiden yang berarti.

Welch digambarkan oleh orang-orang di sekelilingnya sebagai seseorang yang suka memberikan teladan, menjadi contoh, bagi rekan sesama wasit maupun calon wasit perempuan lainnya.

Ia dilaporkan memiliki sikap yang tegas terhadap para pemain dan bersedia mengambil keputusan yang keras, sekalipun terlihat tidak populer di mata para pendukung tim.