Burnley Promosi, Vincent Kompany Ingin Reuni dengan Gelandang Buangan Arsenal

Gila Bola – Usai sukses membawa Burnley promosi ke Liga Premier, Vincent Kompany ingin bereuni dengan pemain yang tak diminati Arsenal, Albert Sambi Lokonga.

Gelandang berusia 23 tahun itu menjadi surplus pemain di Emirates setelah ia tak lagi diminati Mikel Arteta.

Saat ini, Lokonga tengah dipinjamkan ke Crystal Palace di mana ia baru tampil sembilan kali musim ini. Namun, the Eagles enggan permanenkan status pemain internasional Belgia itu.

Setelah ditolak klub induknya, Arsenal, dan kurang mendapat hati di Palace, Vincent Kompany datang dan membukakan pintu Burnley untuk Lokonga.

Vincent Kompany yang pernah mengasuh Lokonga di Anderlecht selama musim 2020/21 itu, mengaku ingin bereuni dengan pemain yang pertama kali gabung akademi pemain muda Anderlecht di tahun 2010 itu.

Vincent Kompany Bandingkan Lokonga dengan Yaya Toure

Vincent Kompany mengaku sangat mengidolakan Lokonga, dan membanding-bandingkannya dengan legenda Liga Premier yang juga mantan rekan satu timnya di Manchester City, Yaya Toure.

Kompany yang juga mantan kapten City itu bahkan mengaku sempat merekomendasikan pemain muda tersebut kepada Arteta, sebelum akhirnya Arsenal menyambarnya.

“Saat saya masih menjadi pemain City, saya sampai pada titik di mana saya pikirkan mas adepan saya. Manajemen? Lanjut? Teken kesepakatan baru?” ujar Kompany dalam kanal YouTube ‘Vibe with Five’ milik Rio Ferdinand, seperti dilansir SunSport.

Vincent Kompany Pernah Rekomendasikan Lokonga ke Manchester City

“Saya menonton pertandingan sepak bola dari beberapa negara berbeda, tempat berbeda, dan saya melihat Sambi mainkan pertandongan pertamanya – dua pertandingan pertamanya, lalu dia mengalami cedera lutut,” tambah Kompany.

“Namun hal pertama yang saya lakukan saat melihat Sambi adalah, saya datangi Mikel dan bilang, ‘Anda harus menonton permainan anak ini, dia mirip Yaya Toure’,” ungkapnya.

Para petinggi The Clarets mengatakan kepada Kompany, klub akan mendukung pelatih berusia 37 tahun itu di bursa transfer musim panas ini, setelah Kompany sukses membawa Burnley mendapat promosi kembali ke Liga Premier.

Arsenal Berpeluang Jual Lokonga Musim Panas Ini

Dan, salah satu pemain yang dingin diboyong Kompany adalah Lokonga. Kompany yakin, di bisa membantu mantan pemainnya memulihkan penampilannya dan menjadi bintang di Liga Inggris.

Arsenal sendiri tengah akan memperbaiki barisan lini tengahnya di musim panas ini. The Gunners tengah dikaitkan dengan bintang West Ham, Declan Rice, dan penggawa andalan Brighton, Moises Caicedo, yang bisa menelan 200 juta Poundsterling atau setara Rp 3,7 Triliun.

Sejumlah laporan memberitakan, Arsenal bisa mengeluarkan hingga 10 pemain bintangnya pada musim panas ini, termasuk Lokonga. Selain itu, Granit Xhaka disebut-sebut tengah lakukan pembicaraan dengan Bayer Leverkusen terkait kemungkinannya pindah ke klub Bundesliga tersebut jelang musim depan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!