Vincent Kompany Bawa Burnley Kembali ke Liga Premier Saat Kompetisi Masih Tersisa Tujuh Laga

Gila Bola – Burnley mendapat promosi kembali ke Liga Premier di saat kompetisi masih tersisa tujuh pertandingan lagi, usai tim asuhan Vincent Kompany itu menang 2-1 di kandang Middlesbrough, Sabtu (8/4) dini hari.

Burnley dan Vincent Kompany akan kembali ke kompetisi sepak bola teratas Inggris musim depan. The Clarets amankan tiket ke Liga Premier lewat gol penentu kemenangan yang dibukukan Connor Roberts di menit ke-66.

Ashley Barnes sebelumnya membawa Burnley memimpin di menit ke-12, sebelum Chuba Akpom menyamakan kedudukan lewat titik putih di menit 48.

Namun, Kompany melompat kegirangan saat timnya dipastikan kalahkan skuad asuhan Michael Carrick lewat gol Roberts, yang berhasil memanfaatkan umpan silang Nathan Tella, dan membawa Burnley mendapat promosi.

Mantan bintang Manchester City itu sebelumnya mengambil alih posisi pelatih Burnley sebelumnya, Sean Dyche, 12 bulan lalu. Dyche dipecat saat Burnley dipastikan turun dari kompetisi papan atas Inggris pada akhir musim lalu.

Tak Ada yang Menyangka Burnley Bisa Melaju Pesat

Semula tampaknya akan butuh waktu bertahun-tahun sebelum mereka bisa beraksi lagi di papan atas, usai Nick Pope, Ben Mee, James Tarkowski, Dwight McNeil dan Maxwel Cornet seluruhnya dijual.

Namun, Burnley berhasil melaju pesat dalam waktu satu tahun, dan ini menjadi Paskah terbaik yang sangat ditunggu-tunggu suporter the Clarets.

Diungkapkan SunSport, Dyche sendiri saat ini mengelola sebuah pub di kawasan Burnley yang diberi nama sesuai namanya. Barangkali, Kompany akan merayakan keberhasilan ini bersama-sama di pub milik Dyche.

Burnley Menguasai Championship Sejak Awal Musim

Di tangan Kompany, Burnley berhasil menguasai kompetisi tier kedua Inggris sejak awal musim, di mana mereka alami kekalahan terakhir di bulan November 2022.

Lakukan perubahan dari ‘Dyche-ball’ menjadi tugas terbesar Kompany – bersama sahabatnya, Craig Bellamy, di Burnley FC.

Di tangan mantan bek kenamaan asal Belgia itu, Burnley juga berubah menjadi tim yang sangat menghibur di lapangan.

Kompany Lakukan Sesuatu yang Tak Bisa Dilakukan Pelatih Championship Lainnya

Mereka bermain dengan gaya yang jarang diterapkan di Turf Moor, hingga Burnley berhasil meraup dana besar yang bisa mereka gunakan di bursa transfer musim panas.

Kini Vincent Kompany pun telah berhasil lakukan sesuatu yang tak bisa dilakukan pelatih lain di divisi Championship, yakni menang di kandang Middlesbrough asuhan legenda Manchester United, Michael Carrick.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!