Chelsea Sementara Diasuh Bruno Saltor, Siapa Dia Sebenarnya?

Gila Bola – Chelsea untuk sementara akan diasuh pelatih sementara, Bruno Saltor. Siapa dia sebenarnya?

Chelsea baru saja mendepak Graham Potter menyusul rentetan hasil buruk yang dikantongi skuad The Blues sejak ia datang tujuh bulan lalu.

Mantan pelatih Brighton berusia 47 tahun itu akhirnya dibebastugaskan Toddy Boehly, menyusul pertemuan yang membahas berbagai krisis klub London Barat tersebut.

Bruno Saltor akan menjadi orang yang mengisi posisi Potter untuk sementara waktu, sampai Chelsea mendapatkan pengganti tetap Potter jelang musim depan.

“Chelsea Fc mengumumkan, Graham Potter telah tinggalkan klub ini. Graham setuju berkolaborasi dengan klub untuk memfasilitasi transisi yang lancar,” demikian pernyataan resmi klub yang dilansir SunSport.

“Selama waktunya mengasuh klub ini, Graham telah membawa kami ke perempat final Liga Champions, di mana kami akan bertemu Real Madrid. Chelsea ingin berterima kasih pada Graham untuk segala upaya dan kontribusinya, serta mendoakan yang terbaik untuk masa depannya, dan Bruno Saltor akan mengambil alih tim sebagai Pelatih Kepala Sementara,” lanjut pernyataan tersebut.

Potter dipecat hanya enam bulan setelah ia jalani kontrak lima tahun yang ditekennya tujuh bulan lalu. Sesaat sebelum ia dipecat, The Blues kalah 2-0 dari Aston Villa di kandang sendiri, dan kini berada di urutan ke-11 klasemen sementara Liga Premier.

Siapa Bruno Saltor?

Kerap disapa Bruno, pelatih asal Spanyol ini memiliki karir gemilang di La Liga di mana ia pernah bermain sebagai bek kanan di Espanyol, Almeria dan Valencia. Selain itu, dia juga sudah bermain di lebih dari 200 pertandingan yang dilakoni Brighton, dan menjadi idola suporter.

Di tahun 2019, Bruno Saltor ditunjuk sebagai pelatih pengembangan tim senior the Seagulls, sebelum pindah ke Stamford Bridge sebagai bagian dari tim kepelatihan Graham Potter di klub London Barat itu.

“Saya tidak pernah berpikir, saya akan masuk dalam tim kepelatihan secepat ini. Kepemimpinan manajer luar biasa, karena dia memperbolehkan semua orang untuk berkontribusi apapun ilmu dan pengalaman yang kami miliki,” ujar Bruno Saltor kepada Sky Sports.

Pelatih Chelsea Kali Ini Jebolan Espanyol

Pelatih berusia 42 tahun itu lahir di El Masnou, Barcelona, dan merupakan jebolan akademi RCD Espanyol.

Dia sempat muncul satu kali untuk skuad utama, di mana ia hanya bermain selama delapan menit ketika Espanyol menang 3-1 atas Rayo Vallecano pada 29 September 2001.

Namun selebihnya, Saltor lebih sering bermain di tim B, di mana ia menghabiskan tiga dari empat tahun karirnya di sepak bola Spanyoll di divisi Segunda B.

Pelatih Baru Chelsea Ini Pernah Diasuh Unai Emery

Dia sempat membela Valencia selama tiga tahun sejak pertengahan bulan Juni 2009, dan bereuni dengan mantan pelatihnya di Almería, Unai Emery.

Kini, mantan anak asuh dan manajernya itu akan kembali bertemu sebagai pelatih kepala – walau Bruno hanya interim, karena Emery kini juga mengasuh klub Inggris, Aston Villa.

Dalam jalankan tugasnya di Stamford Bridge, Bruno akan dibantu Bjorn Hamberg – sebelumnya juga merupakan staf Potter, bahkan sejak Potter masih di klub Ostersund pada tahun 2011.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!