Chelsea Siap Tebus Klausul Pelepasan Penyerang yang Ingin Dipertahankan Barcelona

Chelsea berencana dekati penyerang Barcelona yang akan berlaga di final Piala Dunia 2022 bersama Timnas Perancis, Ousmane Dembele, di musim panas mendatang.

Gila Bola – Barcelona harus lalui jalan berliku terkait kontrak Ousmane Dembele pada awal tahun ini, hingga akhirnya mantan bintang Borussia Dortmund itu bersedia memperpanjang kontraknya di Camp Nou – 10 hari setelah kontrak lamanya berakhir.

Pemain 25 tahun itu teken kontrak baru berdurasi dua tahun di Barcelona, yang akan selesai di tahun 2024. Di dalam kontrak tersebut, terdapat kontrak pelepasan yang hanya senilai 50 juta Euro atau setara dengan Rp 830 miliar.

Saat ini, Ousmane Dembele telah memasuki 18 bulan terakhir dalam kontraknya tersebut, dan diberitakan Mundo Deportivo, Chelsea siap untuk datangkan Dembele ke Stamford Bridge di musim panas 2023.

Di bawah asuhan Xavi Hernandez, Ousmane Dembele tunjukkan perkembangan pesat dalam 10 bulan terakhir, sementara masalah cedera tampaknya juga sudah berlalu. Dalam 20 penampilan Dembele musim ini, dia sukses bukukan lima gol dan tujuh assist untuk Blaugrana.

Ousmane Dembele Mengesankan di Piala Dunia 2022 

Penyerang melebar itu juga mainkan peranan penting untuk Timnas Perancis di Piala Dunia 2022, di mana Dembele ikut membantu mereka merambah final di turnamen empat tahunan ini.

Diungkapkan Barca Universal, penampilan gemilang Ousmane Dembele telah membuat pelatih Les Bleus, Didier Deschamps, sangat terkesan. Chelsea yang pernah dikaitkan dengan Dembele beberapa waktu lalu, juga sangat terkesan dengan makin berkembangnya penampilan Dembele di bawah asuhan Xavi.

Dengan Dembele yan akan memasuki tahun terakhir dari kontraknya pada musim panas mendatang, dan ia memiliki klausul pelepasan yang ‘hanya’ Rp 830 miliar, Chelsea kini diberitakan sangat ingin mendatangkannya jelang musim depan.

Laporan itu mengindikasikan, manajer The Blues Graham Potter juga telah meminta klub untuk datangkan pemain internasional Perancis tersebut guna menambah kekuatan di lini serangnya.

Barcelona Ingin Pertahankan Ousmane Dembele

Sedangkan Barcelona, berniat memperpanjang kontrak Dembele dan telah menjadikan hal itu sebagai prioritas. Xavi – seperti yang dia lakukan di awal tahun ini, sekali lagi akan mendorong klub untuk perbarui kontrak pemain 25 tahun itu dan mempertahankan pemain itu di Camp Nou.

Namun, sepanjang nilai klausul pelepasannya terjangkau banyak klub besar, maka klub-klub seperti Chelsea dipastikan bisa menjadi ancaman besar bagi Barca dalam mempertahankan Dembele.

Barcelona Ingin Perbarui Kontrak Lama Dembele

Sebelumnya diberitakan, Barcelona berniat memperbarui klausul pelepasan Dembele yang turun 50 persen pada musim panas mendatang.

Kurang dari enam bulan setelah saga transfernya yang berliku-liku, Dembele tampaknya akan memulai kembali cerita yang sama dengan Blaugrana. Namun, kali ini, situasinya lebih kondusif dan diperkirakan tak akan banyak alami masalah seperti tarik-ulur transfer Dembele sebelumnya.

Barca sendiri sudah berusaha menegosiasikan perpanjangan kontrak Dembele, dan ingin segera menuntaskan pekerjaan rumahnya yang satu ini.

Tahun ini, klausul pelepasan Dembele memang mencapai 100 juta Euro atau sekitar Rp1,7 triliun. Namun, nilai itu akan turun menjadi 50 juta euro saja pada bulan Juni dan Juli 2023, hingga Barca merasa perlu untuk segera memperbaruinya.

Presiden Barca, Joan Laporta, berharap memperbarui kontrak Dembele – sekali lagi di tahun yang sama, dan mengikatnya hingga tahun 2026 – atau menambahkan dua tahun lagi dalam kontraknya yang berlaku saat ini. Namun, tetap harus dilihat lagi apakah perwakilan Dembele siap untuk membicarakan hal ini dalam waktu yang tidak lama.

Kategori: Liga Inggris
Topik: Barcelona, Chelsea, Ousmane Dembele