Comeback Spektakuler Manchester City, Lumat The Hammers Skor Akhir 1-3

Hasil pertandingan antara West Ham United vs Manchester City di pekan ke-5 Liga Inggris 2023/2024 berakhir dengan skor 1-3, usai tertinggal lebih dulu di babak pertama, tiga gol dari Jeremy Doku, Bernardo Silva dan Erling Haaland mantapkan posisi The Citizen di puncak klasemen Premier League.

Jalannya Pertandingan

James Ward-Prowse Bawa West Ham Unggul 1-0

Meski mendominasi penguasaan bola sejak pertandingan dimulai, tak ada yang menyangka taktik bertahan dan serangan balik West Ham justru berhasil menciptakan gol pertama di laga ini.

James Ward-Prowse di menit 36 babak pertama berhasil mencatatkan namanya di papan skor dan merubah kedudukan menjadi 1-0, Stadion Olimpiade London pun langsung bergemuruh.

Berawal dari umpan silang kiriman Vladimir Coufal usai bekerjasama dengan Jarred Bowen, disambut dengan sundulan keras James Ward-Prowse dan menjebol gawang Ederson. Keunggulan tuan rumah bertahan hingga waktu turun minum.

Gol Debut Jeremy Doku

Tak butuh lama bagi Manchester City untuk bangkit dari ketertinggalan dan hanya butuh satu menit saja sejak babak kedua dimulai untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Dan pemain Manchester City paling berbahagia ini adalah Jeremy Doku, bintang baru yang di laga sebelumnya gagal mencetak gol debutnya. Kini ia menjadi pahlawan bagi The Citizen, ia menggiring bola memotong masuk ke dalam usai menerima bola iriman dari Julian Alvarez dan melesakkan bola ke gawang West Ham dari sudut yang sempit, Alphonse Areola gagal mengantisipasi.

Gol Bernardo Silva Balikkan Keunggulan

Manchester City berhasil balikkan keunggulan di menit 76! Setelah umpan silang Nunes dibersihkan, City tetap menguasai bola dan terus memberikan tekanan. Kemudian Bernardo Silva menguasai menyambut dari Julian Alvarez, dan melepaskan bola melewati Areola yang merubah skor menjadi 1-2!

Gol Erling Haaland Pastikan Kemenangan City

Jika ada yang mengatakan Erling Haaland mandul di laga ini, inilah jawaban Haaland! Haaland akhirnya mencetak golnya di menit 86! Silva menerima umpan dari Julian Alvarez dengan ruang yang sangat luas untuk bergerak di sayap kanan. Winger tersebut masuk ke dalam dan mengirim umpan kepada Haaland, yang mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan yang mengarah ke gawang Areola dan menutup laga dengan skor akhir 1-3.

Analisa Data Pertandingan West Ham vs Manchester City

Dominasi Bola

Jika merujuk pada data pertandingan, kita dapat melihat bahwa Manchester City sepenuhnya mendominasi penguasaan bola hingga lebih dari 69% sementara West Ham hanya 35%.

Total Tembakan

Lebih dahsyat lagi jika melihat total tembakan yag dilepaskan oleh pasukan Pep Guardiola, di babak pertama saja mereka melepaskan 17 tembakan berbanding 3 tembakan milik tuan rumah. Total sepanjang 90 menit, Manchester City melepaskan 29 tembakan berbanding 6 milik West Ham.

Tembakan ke Arah Gawang

Namun soal akurasi tembakan, West Ham karena lebih sedikit memiliki prosentase lebih tinggi yaitu 50% sementara City tak buruk-buruk amat dengan 52%. Dari semua tembakan tersebut, 15 tembakan tim tamu tepat ke arah gawang sementara West Ham 3 tepat sasaran.

Susunan Pemain

West Ham United (4-1-4-1):

Alphonse Areola; Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Nayef Aguerd, Emerson; Edson Alvarez; Jarrod Bowen, Tomas Soucek, James Ward-Prowse, Lucas Paqueta; Michail Antonio. Cadangan: Lukasz Fabianski, Aaron Cresswell, Pablo Fornals, Mohammed Kudus, Konstantinos Mavropanos, Danny Ings, Angelo Ogbonna, Said Benrahma, Thilo Kehrer.

Manchester City (4-2-3-1):

Ederson; Kyle Walker, Manuel Akanji, Ruben Dias, Josko Gvardiol; Rodri, Phil Foden; Bernardo Silva, Julian Alvarez, Jeremy Doku; Erling Haaland. Cadangan: Stefan Ortega, Scott Carson, Kalvin Phillips, Nathan Ake, Sergio Gomez, Matheus Nunes, Oscar Bobb, Rico Lewis.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!