Dalam 63 Jam Liverpool Sudah Harus Tanding Lagi, Luar Biasa Melelahkan!

Gila Bola – Liverpool tanding Kamis dinihari ini (7/12), tanding lagi Sabtu malam (9/12). Cuma ada selisih 63 jam sejak bubaran laga pertama dan kick-off pertandingan kedua. Apa alasan jadwal sekejam ini?

The Reds tandang ke Sheffield United pada Kamis dinihari ini dalam sebuah laga yang harus mereka menangkan jika ingin menipiskan jarak dengan pemimpin klasemen Arsenal. Dalam waktu kurang dari tiga hari penuh, mereka sudah harus turun lagi dalam tandang di Crystal Palace.

Mengapa tidak ada jadwal yang lebih bersahabat bagi anak-anak Jurgen Klopp pada pekan-pekan yang terkenal sangat sibuk di akhir tahun ini. Itu karena jadwal penting sudah menunggu minggu depan.

Ada Liga Champions, Liga Europa Pekan DepanĀ 

Mengapa dua pertandingan Liga Inggris dimepetkan kurang dari tiga hari? Itu karena ada jadwal Liga Champions dan Liga Europa sudah menunggu tengah pekan depan.

The Reds sih sudah memastikan diri lolos ke tahap 16 besar kompetisi kedua benua itu, tapi waktu jadwal ini disusun kan hal itu belum ketahuan. Nanti bisa muncul klaim bahwa otoritas Premier League tidak memberi kebebasan seluas-luasnya bagi tim asal Inggris untuk berkompetisi di ajang Eropa.

Itu sebabnya dua pertandingan dipenyet dalam rentang kurang dari tiga hari dan Klopp memiliki waktu sekitar lima hari lebih sedikit untuk mempersiapkan laga matchday terakhir pada Jumat pekan depan (15/12) dinihari, tandang ke Royale Union SG.

Ada selisih waktu 123 jam dan 15 menit antara laga liga domestik the Reds di akhir pekan dengan pertarungan matchday terakhir Liga Europa mereka, yang sama sekali sudah tidak menentukan kelolosan maupun posisi sebagai juara Grup E.

Lega, kan? Sangat lega jika dibandingkan apa yang diderita oleh Bruno Fernandes dan rekan-rekannya di Eropa.

Manchester United Sebenarnya Lebih Menderita

Jika Darwin Nunez baru bertanding Jumat dinihari maka sebenarnya ada tim merah lain yang lebih menderita, yakni Manchester United.

Pasukan Erik ten Hag, yang tengah menghadapi rumor perpecahan dan pembangkangan terhadap manajer Belanda itu, akan bertanding Kamis dinihari (7/12) menyambut kedatangan Chelsea dan kemudian berlaga lagi pada akhir pekan menerima kunjungan Bournemouth.

Di atas kertas Bournemouth lebih enteng sih daripada tandang Liverpool ke Crystal Palace, tapi coba lihat dong kapan mereka bertanding di Liga Champions.

Matchday keenam UCL yang sangat penting dan genting melawan Bayern Munchen akan berlangsung Rabu dinihari 13 Desember 2023, yang dua hari lebih awal daripada the Reds.

Jadi jika pendukung tim berbasis di Anfield itu mengeluh soal jadwal, tim Red Devils ini lebih menderita lagi. Ada 64 jam antara laga Kamis dinihari 7 Desember ini dan laga Sabtu malam 9 Desember, namun hanya 75 jam selisih waktu dengan laga Liga Champions mereka.

Manchester United harus memenangkan laga terakhir UCL mereka itu, dan itu pun masih harus memasrahkan nasib mereka pada hasil dari tim-tim lain, berharap Copenhagen vs Galatasaray usai imbang.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!