Ditolak Martin Zubimendi, Berikut Tiga Gelandang Bertahan Alternatif Bagi Arsenal

Gila BolaArsenal tengah menghadapi situasi menarik di bursa transfer musim panas ini setelah dipaksa mundur dari pengejaran Martin Zubimendi, yang berarti mereka perlu mencari gelandang alternatif.

Klub asuhan Mikel Arteta telah lama dikaitkan dengan gelandang Real Sociedad tersebut, tetapi dengan keputusannya yang lebih condong pindah ke Barcelona atau Real Madrid, Arsenal harus mencari alternatif lain.

Martin Zubimendi dinilai sebagai kandidat kuat untuk mengisi lini tengah Arsenal, terutama dengan kemungkinan hengkangnya Thomas Partey pada jendela transfer musim panas ini.

Kehadiran Zubimendi diharapkan akan memberikan ruang bagi Declan Rice untuk lebih mengembangkan peran ofensifnya. Namun, dengan Zubimendi yang tampaknya tidak tertarik pindah ke London, Arteta dan timnya harus segera mencari opsi lain yang sesuai dengan kebutuhan taktis mereka.

Untuk menentukan kandidat terbaik, Arsenal bekerja sama dengan perusahaan analisis data SciSports. Berdasarkan beberapa kriteria spesifik, SciSports memberikan rekomendasi pemain yang memiliki gaya bermain mirip dengan Zubimendi.

Kualitas yang dimaksud adalah berkinerja tinggi dalam penyelesaian akhir, bisa menyerang dan bertahan, serta berusia 26 tahun atau lebih muda dengan kemampuan setara atau lebih tinggi dari Partey.

Tiga nama yang muncul sebagai opsi utama Arsenal adalah Bruno Guimaraes dari Newcastle United, Manuel Locatelli dari Juventus, dan Amadou Haidara dari RB Leipzig.

Bruno Guimaraes menjadi pilihan yang sangat menarik. Gelandang asal Brasil ini memiliki pengalaman bermain di Premier League, faktor yang menjadi nilai plus bagi Mikel Arteta.

Guimaraes telah dikaitkan dengan Arsenal selama musim panas ini, meski minat tersebut sempat mereda karena klausul pelepasannya yang tinggi senilai Rp 2 Trilyun. Namun, kondisi finansial Newcastle bisa saja berubah, memberikan peluang bagi Arsenal untuk menegosiasikan kesepakatan yang lebih masuk akal.

Manuel Locatelli juga masuk dalam radar Arsenal. Gelandang Juventus ini sudah menjadi incaran Arsenal sejak tahun 2021. Meskipun tidak masuk dalam skuad Italia untuk Euro 2024, Locatelli tetap menjadi pemain dengan kualitas yang diinginkan oleh Arteta.

Arsenal memiliki cukup waktu untuk mengejar kesepakatan dengan Juventus dan memanfaatkan situasi Locatelli saat ini, dengan dia akan tersedia dengan harga yang jauh lebih murah.

Pilihan ketiga, Amadou Haidara, menawarkan opsi yang lebih ke kiri. Pemain internasional Mali ini bermain 27 kali untuk RB Leipzig musim lalu dan dikenal sebagai salah satu gelandang tengah terbaik di Bundesliga, terutama dalam hal pertahanan.

Dengan harga transfer yang diperkirakan hanya Rp 404 Milyar, Haidara bisa menjadi salah satu penawaran terbaik musim panas ini. Kehadirannya di lini tengah bisa memberikan kebebasan bagi Declan Rice untuk lebih fokus pada peran ofensifnya, sesuatu yang ingin dioptimalkan oleh Arteta.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!