Fun Fact: Tiga Tim Teratas Championship, Adalah Tiga Tim Terdegradasi Premier League Musim Lalu

Gila Bola – Ada fakta menarik seputar sepak bola Liga Inggris karena tiga tim yang saat ini berada di tiga besar klasemen Championship adalah tiga tim yang musim lalu terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Inggris.

Bahkan tidak hanya itu, tiga tim tersebut juga berada dalam urutan yang sama, dengan Leicester City teratas yang kemudian disusul Leeds United dan Southampton, jadi musim Premier League 2024/2025 bisa sama dengan musim 2022/2023 soal keanggotaan liga.

Kembali ke Premier League musim lalu, Leicester City, Leeds United, dan Southampton terdegradasi ke divisi Championship usai masing-masing meraih 34 poin, 31 poin, dan 24 poin.

Khusus The Foxes, mereka sebenarnya masih punya harapan lolos dari ancaman degradasi di pekan terakhir Premier League, tapi sayang sementara mereka menang 2-1 atas West Ham, pesaing terdekat Everton juga menang 1-0 dari Bournemouth.

Namun tampaknya bahwa mereka bisa tak butuh waktu lama untuk segera kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris dengan ketiga klub terdegradasi tersebut sekarang berada di tiga teratas klasemen Championship.

Leicester City, yang mengimpor sang asisten Pep Guardiola yaitu Enzo Maresca dari Manchester City, kini menduduki puncak klasemen dengan 78 poin dan tampak sulit untuk dikejar.

Leeds United, yang saat ini dilatih Daniel Farke dan bisa mempertahankan banyak pemain utama mereka, saat ini duduk di urutan kedua klasemen dengan 69 poin dari 33 pertandingan, unggul dua poin dari Southampton yang memainkan satu laga lebih sedikit.

Tapi Ipswich Town, yang diperkuat bek timnas Indonesia yakni Elkan Baggott, tak jauh dari mereka dengan berada di urutan keempat klasemen dengan 66 poin dari 32 pertandingan yang dimainkan.

Hanya saja satu catatan penting soal Championship adalah bahwa hanya dua tim teratas saja yang berhak promosi langsung ke Premier League di musim berikutnya.

Sementara itu, tim yang menyelesaikan musim di posisi ketiga hingga keenam klasemen akan memasuki turnamen playoff, dengan pemenangnya juga mendapatkan promosi ke Premier League.

Sebenarnya ini agak kurang adil sih bagi klub peringkat ketiga, misalnya jika kita berkaca pada klasemen saat ini, karena pencapaian mereka telah sangat jauh berbeda, misalnya Southampton dengan 67 poin, eh masih harus bersaing dengan tim peringkat kelima West Brom yang hanya punya 52 poin dan Coventry City dengan hanya 51 poin.

Tapi satu catatan menarik adalah bahwa Premier League musim 2024/2025 mendatang berpotensi punya keanggotaan yang sama persis dengan Premier League misim 2022/2023.

Selain karena Leicester City, Leeds, dan Southampton semua punya peluang promosi, juga karena tiga tim yang menggantikan mereka di Premier League, Luton Town, Burnley, dan Sheffield United adalah favorit untuk terdegradasi kembali ke Championship.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!