Guardiola Pergi, Bakal Jadi Skenario Ideal Liverpool di Era Kepemimpinan Arne Slot

Arne Slot akan segera memulai tahun pertamanya bersama Liverpool, jika Darwin Nunez bersinar dan Pep Guardiola tinggalkan Man City, ini bisa menjadi skenario ideal baginya.

Liverpool bersiap memasuki era baru di bawah kepemimpinan Arne Slot. Kedatangannya terjadi di saat yang menarik, Arsenal kini turut meramaikan persaingan dengan Manchester City, dan persaingan yang diberikan di era Jurgen Klopp.

Harapannya adalah Slot minimal bisa melanjutkan pencapaian yang telah diraih Klopp. Wajar jika ada sedikit masa transisi, tapi harapannya Liverpool bisa kembali bersaing ketat dengan kedua tim tersebut. Seperti apa gambaran ideal untuk tahun pertama sang manajer baru?

Gambaran Liverpool di Era Arne Slot

Liverpool telah melakukan restrukturisasi ambisius di belakang layar, dengan mendatangkan kembali Michael Edwards, eksekutif terbaik di kelasnya, untuk mengawasi operasi sepak bola FSG.

Dia akan memimpin tim yang sangat memperhatikan keberlanjutan daya saing klub dalam jangka panjang. Jika Slot bisa membantu membangun fondasi untuk itu di musim pertamanya, itu pasti akan dianggap sebagai sebuah kesuksesan, terlepas dari berapa banyak trofi yang diraih.

Tentunya, usaha Liverpool lebih dari sekadar menunggu Guardiola pergi. Mereka berniat untuk mempertahankan dan mengembangkan tim yang sudah terbukti mampu bersaing ketat dengan Manchester City.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa akan menjadi keuntungan bagi Slot jika musim pertamanya sebagai pelatih bertepatan dengan kepindahan pelatih asal Catalan tersebut.

Sama seperti Liverpool yang bersiap menghadapi perubahan setelah ditinggal Klopp, Manchester City juga pasti akan terguncang dengan kepergian seorang manajer hebat.

Menurut Daily Mail, Guardiola diperkirakan akan pergi pada akhir musim depan, dan itu bisa membuat pekerjaan Slot menjadi lebih mudah dalam hal memutus dominasi peraih empat gelar Liga Premier berturut-turut tersebut.

Beban mungkin akan beralih ke Mikel Arteta dan Arsenal untuk menikmati masa sukses, karena mereka sudah lebih lama menjalani proses saat ini. Namun, jika semuanya berjalan sesuai rencana, Slot akan lebih siap menghadapi tantangan itu di musim keduanya bersama Liverpool, dengan Guardiola yang sudah tidak lagi menjadi penghalang.

Tetapi fokus yang lebih besar tentunya adalah pada hal-hal yang bisa dikontrol oleh Slot di Liverpool. Salah satunya adalah memaksimalkan potensi Darwin Núñez.

Liverpool telah menantikan ‘ledakan’ sang striker sejak dia datang, tetapi performa yang membuatnya bersinar di Benfica tidak pernah benar-benar terlihat di Anfield. Kesabaran terhadap Núñez dan penyelesaian akhir yang buruk berkurang menjelang akhir musim lalu di bawah Klopp, dengan sang manajer lebih sering memasangnya di bangku cadangan.

Namun potensi yang sangat tinggi masih terlihat jelas. Erling Haaland adalah satu-satunya pemain yang bisa menyamai Núñez dalam hal secara konsisten mendapatkan peluang mencetak gol yang bagus, dan jika Slot bisa menemukan cara untuk membuatnya mencetak gol setidaknya dari rata-rata peluang tersebut, itu akan sangat membantu Liverpool dalam upaya mereka untuk mencegah Guardiola meraih lima gelar berturut-turut.

Di luar kompetisi domestik, Liverpool juga kembali ke Liga Champions, dan Slot bisa meredam keraguan dengan tampil baik di sana. Melaju ke babak akhir akan sangat menggembirakan, pelatih Feyenoord ini pernah sukses di Eropa sebelumnya, dengan mencapai final perdana Conference League, tetapi ini adalah kesempatannya untuk membuktikan bahwa dia bisa bersaing dengan tim-tim papan atas.

Apa pun yang terjadi dengan Guardiola dan Nunez, musim ini jelas merupakan kesempatan besar bagi Slot. Dia bergabung dengan klub yang siap untuk sukses, terlebih lagi setelah perubahan di belakang layar selama musim panas, dan Liverpool sangat berharap bahwa tahun pertamanya berjalan sesuai rencana.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!