Jadwal Pekan Perdana Premier League 2024/2025 Dirilis, Ada Duel Big Match Chelsea vs Man City

Gila Bola – Musim Premier League 2024/25 segera dimulai dengan sejumlah pertandingan menarik dan penuh tantangan. Manchester City, yang kembali sebagai juara bertahan, akan memulai usaha mereka meraih gelar kelima berturut-turut dengan bertandang ke Chelsea.

Pertandingan ini akan mempertemukan Pep Guardiola dengan mantan asistennya, Enzo Maresca, yang kini mengelola Chelsea setelah membawa Leicester City promosi dari Championship musim lalu.

Manchester City memiliki rekor impresif di laga pembuka, memenangkan 10 dari 11 pertandingan terakhir mereka. Namun, pertandingan melawan Chelsea ini akan menjadi tantangan, mengingat Chelsea memiliki rekor terbaik dalam pertandingan pembukaan di antara tim-tim Premier League musim ini.

Pertandingan ini juga mengingatkan pada pertemuan mereka musim lalu yang berakhir dengan hasil imbang 4-4 setelah penalti di masa tambahan waktu oleh Cole Palmer.

Pembukaan musim ini akan dimulai pada Jumat, 16 Agustus, dengan Manchester United menghadapi Fulham di Old Trafford. Manajer United, Erik ten Hag, berharap timnya memulai dengan kuat setelah musim lalu hanya finis di posisi kedelapan, hasil terendah mereka di era Premier League.

Pada hari Sabtu, 17 Agustus, Ipswich Town yang baru promosi akan menyambut Liverpool. Ini akan menjadi pertandingan pertama Arne Slot sebagai pelatih kepala Liverpool, menggantikan Jurgen Klopp. Ipswich, yang berhasil kembali ke Premier League setelah absen selama 22 tahun, siap memberikan perlawanan di bawah arahan Kieran McKenna.

Arsenal, yang berusaha meningkatkan performa setelah musim lalu kembali gagal memenangkan liga, akan menjamu Wolverhampton Wanderers di Emirates Stadium pada hari yang sama.

Di sisi lain, Everton akan menghadapi Brighton di Goodison Park. Pertandingan ini akan menandai debut Fabian Hurzeler sebagai pelatih Brighton, menjadikannya manajer termuda dalam sejarah Premier League pada usia 31 tahun.

Newcastle United akan menghadapi Southampton, yang baru kembali ke Premier League setelah promosi lewat jalur playoff Championship. Nottingham Forest akan bertemu AFC Bournemouth, sementara West Ham United yang kini ditangani oleh Julen Lopetegui akan menjamu Aston Villa.

Minggu, 18 Agustus, akan menyuguhkan derby London antara Brentford vs Crystal Palace. Penutupan pekan pembukaan ini akan dilaksanakan pada Senin, 19 Agustus, dengan Leicester City yang baru promosi menghadapi Tottenham Hotspur. Leicester, yang belum menunjuk pengganti Maresca, berharap bisa mengawali musim dengan baik.

Musim ini, kalender domestik Premier League telah diubah untuk menyesuaikan dengan ekspansi kompetisi klub UEFA. Jeda musim dingin dihapus, memberikan pemain waktu istirahat tiga minggu berturut-turut di musim panas setelah Euro 2024.

Dengan 33 akhir pekan, empat pertandingan tengah pekan, dan satu pertandingan Hari Libur Bank, jadwal musim ini diatur untuk memberikan pemberitahuan minimal enam minggu kepada suporter mengenai pilihan siaran hingga Desember 2024 dan lima minggu mulai Januari 2025.

Jadwal Pertandingan Pekan 1 2024/25*

Jumat 16 Agustus 2024
20:00 Manchester United v Fulham

Sabtu 17 Agustus 2024
12:30 Ipswich Town v Liverpool
15:00 Arsenal v Wolves
15:00 Everton v Brighton
15:00 Newcastle United v Southampton
15:00 Nottingham Forest v AFC Bournemouth
17:30 West Ham v Aston Villa

Minggu 18 Agustus 2024
14:00 Brentford v Crystal Palace
16:30 Chelsea v Manchester City

Senin 19 Agustus 2024
20:00 Leicester City v Tottenham Hotspur

*Jam berdasarkan waktu Inggris.