Kieran McKenna Siap Ambil Alih Posisi Pelatih Manchester United Jika Erik ten Hag Dipecat

Gila Bola – Kieran McKenna, yang pernah menjabat sebagai pelatih akademi di Manchester United pada 2016, menyatakan kesiapan untuk mengambil alih posisi manajer tim utama di tim Premier League itu jika Erik ten Hag meninggalkan klub.

McKenna, yang sebelumnya adalah pelatih akademi di United, telah dipromosikan menjadi pelatih tim utama oleh Jose Mourinho pada musim panas 2018. Dia kemudian tetap menjadi bagian dari staf pelatih di bawah arahan Ole Gunnar Solskjaer dan Ralf Rangnick.

McKenna, yang saat ini berusia 38 tahun, telah mengukir prestasi impresif dengan membawa Ipswich Town meraih promosi ke Liga Premier. Keberhasilannya ini menarik minat beberapa klub besar seperti Chelsea dan Brighton.

The Seagulls menjadikan McKenna sebagai pilihan utama mereka untuk menggantikan Roberto de Zerbi, namun persaingan ketat dari The Blues dan potensi minat dari Manchester United membuat McKenna menunda keputusannya.

Chelsea telah memecat Mauricio Pochettino dan menjalin diskusi dengan perwakilan McKenna. Namun, McKenna disebut-sebut lebih tertarik pada kemungkinan perubahan manajerial di United, yang dia yakini sebagai tujuan idealnya.

Sumber menyebutkan bahwa juru taktik berusia 38 tahun itu menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai masa depan Erik ten Hag sebelum membuat keputusan final.

Ten Hag, yang saat ini fokus pada final Piala FA melawan Manchester City, masih terikat kontrak dengan Manchester United hingga tahun depan, dengan opsi perpanjangan satu tahun.

The Red Devils sendiri finis di peringkat kedelapan dalam klasemen akhir Liga Inggris, namun mereka masih memiliki peluang untuk lolos ke Liga Europa jika berhasil memenangkan Piala FA.

Keputusan mengenai masa depan Ten Hag di United belum final, namun McKenna siap mengambil alih jika diperlukan. McKenna memiliki kontrak dengan Ipswich hingga 2025, namun minat dari klub-klub besar dan peluang untuk kembali ke United bisa menjadi faktor yang mempengaruhi keputusannya.

Ipswich Town, di bawah kepemimpinan McKenna, menjadi klub pertama sejak Southampton pada 2012 yang berhasil mencapai promosi berturut-turut dari League One ke Premier League.

Prestasi ini mengakhiri penantian selama 22 tahun Ipswich untuk kembali ke divisi teratas. Kesuksesan ini tentunya membuat McKenna menjadi sosok yang menarik bagi klub-klub besar yang mencari manajer baru dengan rekam jejak sukses dan visi jangka panjang.

Dengan situasi manajerial di United yang belum pasti dan McKenna yang terus menunjukkan kualitasnya sebagai pelatih, masa depan Manchester United bisa mengalami perubahan signifikan.

Tampaknya bahwa hasil di Piala FA bisa sangat berpengaruh pada keputusan akhir atas masa depan Erik ten Hag saat Kieran McKenna bersiap untuk mengambil alih pekerjaan jika manajer Belanda itu akhirnya dipecat.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!