Lawan Manchester City, Son Heung-min Tiga Menit Cetak Dua Gol, Tapi Satu ke Gawang Sendiri

Gilabola.com – Pertandingan antara Manchester City vs Tottenham Hotspur yang digelar di Etihad Stadium di pekan ke-14 Liga Inggris 2023/2024 diwarnai dengan dua gol cepat saat laga berjalan belum sampai 10 menit di babak pertama. Dejan Kulusevski menjadi penyelamat tim tamu dalam laga yang berakhir imbang dengan skor akhir 3-3 ini.

Berlaga di Etihad Stadium pada hari Minggu (3/12/2023), dua gol tercipta di menit ke-6 dan menit ke-9, dan keduanya dicetak oleh pemain Spurs, Son Heung-min, tapi salah satu gol merupakan gol bunuh diri ke gawang sendiri.

Berawal dari sepak pojok bagi Man City yang gagal dan para pemain tim tamu langsung melakukan seranga balik cepat yang dimulai oleh Dejan Kulusevski umpan terobosan yang mengecoh Jeremy Doku yang tak menyadari Son berada di belakangnya.

Kapten Spurs ini menerobos masuk kotak penalti dan melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi oleh kiper Ederson dan masuk gawang tuan rumah merubah kedudukan menjadi 0-1 bagi keunggulan Tottenham di menit keenam.

Tapi sayangnya selang tiga menit kemudian sang pahlawan pembuka keunggulan bagi Spurs ini melakukan kesalahan fatal dengan mencetak gol bunuh diri.

Julian Alvarez dengan mengirimkan tendangan bebas dan Erling Haaland memberikan sentuhan ringan di depan kerumunan pemain lain, bola mengenai kaki kiper Emerson dan mengarah ke Son Heung Min yang berada di belakangnya.

Dan sialnya bola memantul dari kaki Son dan masuk ke dalam gawang sendiri, merubah kedudukan menjadi imbang 1-1 antara Manchester City vs Tottenham Hotspur. Bukan karena kebodohan, tapi memang sedang sial saja pemain asal Korea Selatan ini menurut kami.

Sayangnya pula, gol pertama Son itu tadi merupakan gol ke-50 darinya bagi Tottenham, kedua terbanyak setelah Harry Kane yang total pernah mencetak 112 gol bagi klub tersebut sebelum akhirnya hengkang ke Jerman.

Jeremy Doku nyaris menjebol gawang tim tamu di menit 29, pemain City yang paling menarik untuk ditonton permainannya ini, menusuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras melewati Vicario. Namun bola menghantam tiang gawang!

Tak lama kemudian Phil Foden berhasil membawa The Citizen unggul 2-1 berkat golnya di menit ke-31. Skuad asuhan Pep Guardiola mulai menunjukkan dominasinya, memainkan umpan pendek cantik satu dua hasil kerjasama Haaland, Doku dan Alvarez sebelum akhirnya diterima oleh Foden dan diteruskan dengan tendangan keras menjebol gawang Vicario!

Tiang gawang kembali menyelamatkan pasukan Ange Postecoglu saat tembakan Julain Alvarez menghantam tiang gawang. Dan akhirnya babak pertama pun berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah!

Dalam 18 detik awal babak kedua, kiper Spurs Vicario, harus lagsung menyelamatkan gawangnya setelah Haaland memberikan umpan kepada Silva yang melepaskan tembakan keras!

Kesalahan di lini pertahanan menjadi momok bagi Spurs, terutama di area pertahanan mereka sendiri. Hojbjerg memberikan umpan ceroboh kepada Silva, namun beruntung bagi gelandang tersebut, tiga bek Spurs berhasil menghalau tendangan Silva.

Meski Spurs memiliki penguasaan bola lebih banyak dengan 61 persen di babak kedua, mereka kesulitan menghasilkan peluang. Bissouma berhasil memenangkan sepak pojok, tetapi sayangnya sepakan Lo Celso langsung masuk dalam genggaman Ederson.

Kejutan terjadi saat City kecolongan bola, Davies berhasil memotong bola yang diarahkan kepada Haaland, dan sundulannya mengarah ke Son di tengah lapangan. Son meneruskan kepada Giovani Lo Celso yang dengan cermat memutar badannya dan melepaskan tembakan melengkung ke pojok gawang dari luar kotak penalti. Ederson menyentuh bola dengan ujung jari, namun gagal menghentikan laju bola ke dalam gawang. Skor menjadi imbang 2-2!

Pada menit ke-81, Jack Grealish menjadi penyelamat bagi Manchester City! Tuan rumah kembali unggul setelah Bissouma kehilangan bola di lini tengah, dan Rodri langsung memanfaatkannya dengan memberikan umpan kepada Haaland yang berlari di sayap kanan. Haaland menyodorkan bola ke tengah, memberikan umpan sempurna bagi Grealish untuk menyontek bola masuk ke dalam gawang. Skor menjadi 3-2 untuk keunggulan City!

Pertandingan semakin memanas dengan gol spektakuler dari Dejan Kulusevski yang berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Skipp berhasil melewati dua pemain City di lini tengah sebelum Son memberikan umpan kepada Johnson di sisi kiri lapangan. Johnson yang tidak terjaga memberikan umpan silang ke arah titik penalti. Di sana, Kulusevski berhasil mengalahkan Ake dalam perebutan bola udara dan mengarahkan sundulannya dengan sempurna ke gawang Ederson. Skor imbang 3-3 bertahan hingga laga usai!

Dengan hasil imbang atas Tottenham Hotspur ini, Manchester City gagal melompat ke posisi kedua klasemen, tertahan di posisi ketiga dengan 30 poin di bawah Liverpool di posisi kedua dengan 31 poin.

Sementara itu Tottenham berada di posisi kelima dengan 27 poin hasil dari 8 kemenangan, 3 imbang dan 3 kekalahan.

Susunan Pemain

Manchester City (3-2-4-1): Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Josko Gvardiol; Rodrigo, Manuel Akanji; Phil Foden, Julian Alvarez, Bernardo Silva, Jeremy Doku; Erling Haaland.

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Guglielmo Vicario; Pedro Porro, Emerson Royal, Ben Davies, Destiny Udogie; Yves Bissouma, Giovani Lo Celso; Brenna Johnson, Dejan Kulusevski, Bryan Gil; Son Heung-Min.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!