Newcastle Nyaris Selalu Menang Kandang, Tak Ada Peluang Garibaldi Menang Tandang

Gila Bola – Mereka yang bilang Newcastle United vs Nottingham Forest menjadi ajang berebut kemenangan pasti tak pernah lihat klasemen kandang Liga Inggris. Skuad Eddie Howe itu tim kedua terbaik di seantero Premier League saat berlaga di kandang sendiri.

Newcastle vs Nottingham akan berlangsung Selasa malam (26/12) pukul 20.30 WIB. Tentu saja selalu ada peluang saling mengalahkan. Namanya saja liga terbaik di dunia. Tapi kalau bicara data, hal itu sulit terjadi. Sukar melihat tim anyar Nuno Espirito Santo itu untuk menang di Saint James’ Park.

The Magpies sudah memantapkan diri sebagai tim nomor dua terbaik untuk urusan menang kandang, hanya kalah tipis dari Aston Villa untuk tim-tim paling jagoan di stadion mereka sendiri.

Posisi Klasemen Kandang Liga Inggris

Sudah disebut tadi, pasukan Unai Emery menjadi tim terbaik di seantero Liga Inggris untuk urusan kandang. Menang delapan kali, imbang satu. Nilai 25.

Newcastle di urutan kedua klasemen kandang dengan nilai 24. Dapat poin dari mana? Delapan kali menang dan kalah satu. Diikuti kemudian oleh dua tim merah, Liverpool dan Arsenal, masing-masing nilai 23.

Jadi, dengan data seperti ini, jelas bahwa the Magpies akan lebih dijagokan untuk menang saat mereka menerima tandang perdana Nuno Espirito Santo. Tapi supaya fair mari kita lihat rapot tim tamu.

Nottingham Forest Nomor Tiga Terburuk Untuk Urusan Tandang

Skuad yang tadinya diasuh oleh Steve Cooper itu mencatatkan berapa kemenangan saat tandang, tahu? Satu kali saja kemenangan tandang, yang terjadi pada 2 September 2023 lalu di Stamford Bridge.

Sekalinya menang tandang lumayan juga, karena terjadi melawan Chelsea yang biasanya berada di empat besar Liga Inggris. Biasanya. Musim 2023/24 ini the Blues mendekam di urutan 10, sementara ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Tim berjuluk Garibaldi itu juga hanya main imbang saat tandang dua kali saja, yaitu 0-0 di Crystal Palace dan 1-1 di Wolves tiga pekan silam. Sudah, hanya itu. Sisanya enam kekalahan tandang. Gol memasukkan 7 dan kebobolan 19 kali saat bermain jauh dari rumah. Minus 12.

Coba bandingkan itu dengan selisih gol Newcastle saat menerima kunjungan musuh-musuhnya, 22 memasukkan, empat kebobolan, atau +18.

Jadi, dengan data di atas sulitlah mengatakan bahwa kedua tim akan berebut kemenangan di St James’ Park. Peluang tim tamu menang selalu ada, tapi sangat kecil.

Pelatih The Forest Cenderung Main Negatif

Satu lagi faktor yang menyebabkan kita sulit melihat Nottingham akan bisa menang di St James’ Park. Kecenderungan Nuno Espirito Santo untuk main negatif.

Selama empat tahun karirnya di Wolves, 2017 sampai 2021, ia hanya memiliki keunggulan selisih gol +68, hasil dari 277 gol memasukkan, 209 kebobolan. Ingat, ini mengambil periode empat tahun.

Hanya 95 kemenangan dari 199 pertandingan, yang berarti kurang dari setengahnya berujung tiga poin. Tepatnya 47,74 persen kemenangan saja.

Jika kita melihat karirnya selama empat bulan di Tottenham Hotspur, Juli sampai awal November 2021, maka kita malah bisa menangis melihatnya. 17 laga berakhir dengan delapan kemenangan saja. Atau setara 47,06 persen.

Jadi, kalau bicara berbasis data, sulit mengatakan akan ada perebutan kemenangan di kandang Newcastle pada Selasa (26/12) malam. Paling pol hasil imbang masih bisa dicapai oleh the Forest, main bertahan secara penuh selama 90 menit, memanfaatkan situasi cedera para pemain Eddie Howe.