Pelatih Baru Chelsea Didesak Tetap Andalkan Cesar Azpilicueta Walau Sudah Veteran

Chelsea didesak tak sia-siakan kapten mereka, Cesar Azpilicueta, yang selama ini telah menjadi andalan di lini belakang.

Hal ini diungkapkan mantan bintang The Blues, Willian, yang sempat hengkang ke sesama klub London, Arsenal, dan kini membela Fulham – yang juga bermarkas di kota yang sama.

Willian yakin, Azpilicueta bahkan akan lebih dari orang pemain penting di Chelsea, karena mereka harus lanjutkan transisi di era pemilik baru, Todd Boehly.

Bek asal Spanyol itu telah memenangkan semua tofi utama yang berhasil diraih Chelsea selama 10 tahun karirnya di Stamford Bridge.

Advertisement
KaikoSlot
KaikoSlot

Meski demikian, walau ia sangat berpengaruh di skuad The Blues, tapi Azpilicueta nyaris tinggalkan tim London Barat itu dan pindah ke Barcelona pada musim pana lalu.

Willian sendiri mengaku senang mantan rekan satu timnya itu bertahan di Stamford Bridge. Menurut bintang asal Brasil itu, Azpilicueta bisa mainkan peran penting di masa transisi Chelsea saat ini, bukan hanya dengan pemilik baru tetapi juga dengan manajernya.

Konsorsium Boehly-Clearlake yang membeli The Blues dari Roman Abramovich awal tahun ini, belum lama ini menunjuk mantan pelatih Brighton Graham Potter sebagai pengganti Thomas Tuchel yang mereka pecat dua pekan lalu.

“Saya tidak percaya situasi seperti itu bisa terjadi. Bagi saya, saat anda bicara soal Chelsea, anda hanya akan mengingat Roman dan Marina (Granovskaia). Sulit bagi seorang orang di dalam klub itu,” tandas Willian kepada The Athletic, seperti dilansir Metro.

“Namun di situlah Cesar Azpilicueta akan membantu. Dia pemain yang sangat bagus, seseorang yang penting bagi klub itu. Dia sudah bermain di sana selama 10 tahun, dengan pengalamannya dia bisa membantu para pemain muda yang bermain di sana sekarang,” tambahnya.

“Dia tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti ini. Chelsea sebuah klub yang besar, salah satu yang terbaik di dunia. Setiap tahun, Chelsea bertarung untuk sesuatu, bahkan jika mereka berganti pelatih,” ujar Willian.

“Mereka selalu ada (dalam perebutan gelar). Selama tujuh tahun saya di sana, saya diasuh Jose Mourinho, Guus Hiddink, Antonio Conte, Maurizio Sarri dan Frank Lampard. Hampir menjadi normal (sering berganti pelatih), tapi itu tidak menghentikan kami, kami selalu bertarung untuk sebuah gelar juara,” tegasnya.

Willian yang kini telah berusia 34 tahun tercatat sudah tampil dalam lebih dari 300 pertandingan untuk The Blues, dan membantu klub London Barat itu untuk memenangkan dua gelar juara liga dan sebuah trofi Liga Europa.

Meski demikian masih harus dilihat bagaimana peranan besar Azpilicueta di bawah asuhan pelatih baru, Graham Potter, karena dia tidak menjadi starter di pertandingan pertama Potter sebagai manajer anyar The Blues pekan lalu.

BANDARTOGEL77