Pochettino Ikut Cawe-cawe Urusan Kiper Arsenal, Bilang Permainan Arteta Berbahaya

Gilabola.com – Mauricio Pochettino rupanya berusaha mengalihkan pembicaraan soal performa Chelsea di Liga Inggris dan kini ikut campur urusan kiper Arsenal, mengatakan strategi Mikel Arteta sangat berbahaya.

David Raya didatangkan dari Brentford dalam sebuah skema peminjaman guna memberikan persaingan bagi kiper utama Aaron Ramsdale. Namun langkah ini disebut oleh Pochettino sebagai sebuah “keputusan berbahaya.”

Ia tidak menjelaskan lebih rinci apa yang dimaksud dengan “berbahaya”, namun sudah ada beberapa pengamat sepak bola yang menyampaikan kekhawatiran yang sama untuk rotasi stopper the Gunners.

Apa Kata Pochettino Soal Persaingan David Raya dan Aaron Ramsdale

Sang pelatih Argentina yang dulu pernah menangani Tottenham Hotspur dan PSG itu mengatakan bahwa sebuah permainan berbahaya tengah dijalankan oleh si pelatih tim merah kota London itu, saat ia merotasi posisi penjaga gawangnya.

Pochettino mencontohkan, saat ia menangani PSG di Liga Perancis, ia bergantian memainkan Gianluigi Donnarumma dan kiper yang lebih senior di ibukota Paris, Keylor Navas.

“(Rotasi dua kiper) Itu mungkin saja terjadi, tetapi itu berbahaya. Apakah itu baik atau buruk? Saya tidak tahu. Semua itu bergantung pada hasil akhirnya.”

“Itu semua juga bergantung pada profil dan karakteristik dari kedua pemain, baik secara profesional maupun personal. Saya lebih menyukai para pemain terbaik, yang cocok (di semua jenis permainan).”

“Lebih baik jika setiap klub menentukan siapa yang menjadi nomor satu (kiper utama), tetapi di dunia sepak bola, pelatih selalu ingin memainkan profil yang berbeda-beda. Dan masalah lainnya adalah, bagaimana agar pemain yang tidak dipilih bisa menerima statusnya sebagai pemain nomor dua.”

Rotasi yang Dilakukan Arteta di Arsenal

Raya, kiper asal Spanyol berumur 28 tahun, kini sudah turun full 90 menit dalam tiga pertandingan Premier League, plus satu pertandingan Liga Champions kontra Eindhoven yang berakhir dengan kemenangan 4-0.

Tiga laga Liga Inggris saat ia menjadi pengawal gawang the Gunners itu secara berturut-turut adalah kemenangan 0-1 di Everton, imbang 2-2 lawan Tottenham Hotspur dan kemenangan empat gol terakhir kalinya di Bournemouth.

Raya mengambil alih posisi dari Ramsdale yang turun sebagai stopper dalam enam pertandingan di semua kompetisi, termasuk Community Shield dan kemenangan atas Brentford di kompetisi Carabao Cup.

Pada bulan Agustus 2023, bekas kiper Peter Schmeichel sudah pernah menyampaikan bahaya dari adanya persaingan antara dua stopper. Keinginan terus tampil di skuad utama akan menjadikan kiper bertindak aneh-aneh, melakukan hal-hal yang tidak perlu di atas lapangan, untuk menjustifikasi bahwa ia merupakan opsi terbaik di bawah mistar gawang. Hal ini berbahaya bagi keamanan lini belakang tim.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!