Wasit Liga Inggris di Laga Liverpool yang Bikin Blunder, Selamat Dari Hukuman

Gilabola.com – Wasit Premier League yang membuat blunder keputusan pada pertandingan Tottenham vs Liverpool, Simon Hooper, selamat dari hukuman, tetapi dua pejabat video asisten wasit (VAR) pada pertandingan yang sama dicopot untuk laga berikutnya.

Sang pengadil menjadi sorotan setelah menganulir gol Luis Diaz, mengeluarkan kartu merah untuk Curtis Jones dan mengusir Diogo Jota untuk dua kartu kuning pada pertandingan yang berujung dengan kekalahan the Reds pada Minggu dinihari (1/10).

Namun Hooper selamat dari hukuman. Hal ini terjadi setelah komisi wasit Liga Inggris PGMOL mengakui adanya “kesalahan manusia yang signifikan” saat menganulir gol sang pemain Kolombia, Luis Diaz.

Siapa Dua Pejabat VAR Liga Inggris yang Dicopot?

Dua ofisial itu adalah Darren England dan Dan Cook. England sebagai asisten video wasit dan Cook sebagai wakilnya. Keduanya dianggap gagal menjalankan fungsi secara benar pada laga Minggu malam di Tottenham Hotspur Stadium itu.

Salah satu contoh yang segera terlihat adalah foto adegan Luis Diaz jelang menerima bola dari Mo Salah dipasang di layar VAR tanpa disertai dengan garis yang mendukung tuduhan bahwa posisinya offside.

The Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) dalam rilisnya beberapa saat setelah pertandingan itu berakhir mengatakan, “Ada kesalahan manusia yang signifikan”, yang menyiratkan tidak adanya intervensi atau usaha untuk mengingatkan wasit Simon Hooper untuk mengubah keputusannya.

Darren England seharusnya turun sebagai ofisial keempat di pinggir lapangan untuk pertandingan Nottingham vs Brentford pada Minggu malam (1/10) ini, namun ia sudah dicopot dan akan digantikan oleh Craig Pawson.

Sementara itu Dan Cook yang seharusnya akan turun sebagai salah satu hakim garis dalam laga Fulham vs Chelsea di Craven Cottage pada Selasa dinihari (3/10) juga sudah digantikan oleh Eddie Smart.

Ini merupakan satu petunjuk yang paling jelas bahwa korps wasit dan organisasi yang menaungi mereka, PGMOL, mengakui sudah terjadi kesalahan pengambilan keputusan pada pertandingan Tottenham vs Liverpool.

Namun kesalahan itu diperkirakan tidak akan mengubah hasil akhir pertandingan, seperti juga nasib yang menimpa Wolves pada kekalahan di kandang Manchester United pada 15 Agustus lalu. Waktu itu Jon Moss dari PGMOL juga sudah meminta maaf, tetapi tidak ada reimburse poin bagi skuad Gary O’Neil.

Posisi Cristian Romero Sebabkan Luis Diaz Onside

Seperti terlihat dari foto pertandingan berikut ini, posisi Cristian Romero yang berdiri lebih ke dalam daripada semua pemain lain menyebabkan Luis Diaz tidak bisa dikategorikan sebagai offside. Garis pada foto ini merupakan inisiatif dari media, bukan rilis dari asisten VAR.

Kesalahan keputusan akibat VAR dan para pejabat di belakangnya menyebabkan respek untuk penggunaan teknologi ini semakin merosot di Liga Inggris. Bahkan pelatih Spurs Ange Postecoglou mengatakan, ia bukan seorang pendukung dari teknologi VAR.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!