Pramusim Manchester United Dimulai, Bagaimana Nasib Greenwood, Sancho, dan Transfer Pemain?

Gilabola.comManchester United bersiap memulai kembali sesi latihan mereka pada Senin (8/7) dengan struktur eksekutif yang baru. Dengan Erik ten Hag yang baru saja memperpanjang kontraknya hingga 2026, klub Liga Inggris ini siap untuk menjalani musim baru dengan sejumlah pertanyaan yang masih menggantung.

Dan Ashworth telah resmi menjadi direktur olahraga baru Manchester United sejak 1 Juli, sementara Christopher Vivell memulai perannya sebagai direktur sementara bakat global mereka.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah masa depan Ten Hag, namun dia akhirnya tetap menjadi manajer setelah melalui proses peninjauan. Hal ini dikonfirmasi saat klub memicu opsi perpanjangan satu tahun pada kontraknya.

Pertanyaan Mengenai Greenwood dan Sancho

Masih ada beberapa isu penting yang harus diselesaikan oleh Manchester United. Salah satunya adalah masa depan Mason Greenwood. Setelah masa peminjamannya di Getafe berakhir, Greenwood kembali menjadi bagian dari skuad United.

Namun, dia mungkin akan diberi waktu libur tambahan sementara klub berusaha untuk menyelesaikan kemungkinan penjualan. Marseille dan Lazio saat ini berada dalam pembicaraan lanjutan untuk pemain berusia 22 tahun tersebut.

Greenwood belum berlatih di Carrington sejak penangkapannya pada Januari 2022 dan penangguhan oleh United. Setelah kasusnya dihentikan oleh Crown Prosecution Service Inggris tahun lalu, United awalnya berencana mengintegrasikan kembali Greenwood tetapi akhirnya memutuskan dia akan melanjutkan karier di luar Old Trafford.

Sejumlah klub Eropa telah menunjukkan minat, terutama setelah dia mencetak 10 gol dalam 36 penampilan untuk Getafe musim lalu dan menjadi pemain terbaik klub La Liga tersebut.

Sementara itu, Jadon Sancho akan kembali ke Carrington setelah masa peminjamannya di Borussia Dortmund berakhir. Namun, perbedaan dengan Ten Hag masih belum terselesaikan.

Sancho ditempatkan pada program latihan terpisah setelah secara terbuka mengkritik Ten Hag. Perpanjangan kontrak Ten Hag membuat Sancho sulit beradaptasi kembali kecuali ada rekonsiliasi.

Meski United terbuka untuk mendengarkan tawaran untuk Sancho, belum ada harga yang sesuai dengan permintaan mereka sebesar Rp 832 Milyar. Kembalinya Sancho diharapkan bisa membuka lembaran baru bagi kariernya di Old Trafford, meskipun belum jelas apakah akan ada pembicaraan langsung dengan Ten Hag.

Persiapan Pramusim dan Absen Pemain

Para pemain Manchester United akan melapor untuk pramusim mulai 8 Juli. Mereka yang kembali dari liburan musim panas akan menjalani serangkaian tes kebugaran untuk mengukur kondisi mereka.

Sementara itu, para pemain yang berkompetisi di Euro 2024 dan Copa America akan kembali secara bertahap. Di Euro 2024, United memiliki beberapa pemain seperti Bruno Fernandes, Diogo Dalot, Luke Shaw, Kobbie Mainoo, Tom Heaton, Christian Eriksen, Rasmus Hojlund, dan Scott McTominay.

Di Copa America, Alejandro Garnacho dan Lisandro Martinez bermain untuk Argentina, sementara Facundo Pellistri tampil untuk Uruguay. Seperti biasa, klub memberikan jeda istirahat lebih panjang kepada pemain internasional untuk memastikan mereka kembali dalam kondisi segar.

Transfer dan Pemain Baru

Hingga saat ini, Manchester United belum melakukan perekrutan pemain baru meskipun mereka sedang dalam pembicaraan dengan Bayern Munchen mengenai transfer Matthijs de Ligt.

Selain itu, United juga mengajukan tawaran untuk bek Everton, Jarrad Branthwaite, tetapi tawaran tersebut dianggap tidak memadai. Meski belum ada tambahan pemain baru, United tetap berupaya memperkuat skuadnya menjelang musim baru.

Fokus utama mereka adalah memperkuat lini pertahanan, dan langkah untuk mendatangkan De Ligt tidak tergantung pada upaya untuk merekrut Branthwaite. Namun, mereka harus mengosongkan ruang dalam skuad dan menghasilkan dana transfer yang cukup untuk mematuhi aturan Profit and Sustainability Regulation (PSR).

Perubahan di Staf Kepelatihan

Ten Hag berharap bisa menambah Ruud van Nistelrooy dan Rene Hake ke dalam staf kepelatihannya. Meski belum ada konfirmasi resmi dari klub, harapannya mereka akan siap bekerja mulai Senin depan.

Kedatangan mereka mungkin akan menyebabkan kepergian Mitchell van der Gaag, asisten Ten Hag saat ini. Masa depan Benni McCarthy juga belum pasti, karena dia tidak lagi terikat kontrak dengan United.

Selain itu, klub tengah mempertimbangkan untuk mendatangkan Jelle ten Rouwelaar sebagai pelatih kiper menggantikan Richard Hartis yang telah bekerja untukĀ The Red Devils sejak 2019.

Masa Depan Pemain Lain

Selain Greenwood dan Sancho, masa depan beberapa pemain United lainnya juga masih perlu diputuskan. Jonny Evans, Sofyan Amrabat, dan lima pemain lain yaitu Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Christian Eriksen, Willy Kambwala, dan Hannibal memasuki tahun terakhir kontrak mereka.

Harry Maguire, Scott McTominay, dan Amad juga berada di tahun terakhir kontrak mereka tetapi dengan opsi perpanjangan satu tahun. United biasanya tidak melakukan negosiasi kontrak baru saat jendela transfer musim panas masih terbuka, lebih memilih untuk menyelesaikan kontrak masa depan setelah batas waktu transfer berakhir.

Manchester United akan memulai pramusim mereka dengan pertandingan persahabatan di Norwegia dan Skotlandia sebelum melanjutkan tur mereka ke Amerika Serikat.

Pertandingan persahabatan pertama akan digelar melawan Rosenborg di Trondheim pada 15 Juli, diikuti dengan pertandingan melawan Rangers di Stadion Murrayfield, Edinburgh pada 20 Juli.

United kemudian akan terbang ke Los Angeles untuk menghadapi Arsenal di Stadion SoFi pada 27 Juli, serta Real Betis di Stadion Snapdragon San Diego pada 31 Juli. Mereka juga akan bertanding melawan Liverpool di Stadion Williams-Brice, Carolina Selatan pada 3 Agustus.

Dengan persiapan pramusim yang telah dimulai, Manchester United masih memiliki sejumlah pertanyaan yang perlu dijawab, baik mengenai masa depan pemain maupun strategi transfer untuk memperkuat skuad mereka menghadapi musim baru.