Ryan Gravenberch Disarankan Pindah Posisi Untuk Ikuti Jejak Sukses Legenda Arsenal dan City

Gila Bola – Gelandang muda Liverpool, Ryan Gravenberch, mendapatkan saran penting dari mantan bintang Tottenham Hotspur dan tim nasional Belanda, Rafael Van Der Vaart.

Van Der Vaart menyarankan bahwa Gravenberch sebaiknya mempertimbangkan untuk mengubah posisinya menjadi gelandang bertahan di bawah asuhan manajer baru Liverpool, Arne Slot.

Menurut Van Der Vaart, perubahan ini bisa memberikan pengaruh yang lebih besar bagi Gravenberch di Anfield, membandingkan dengan kesuksesan pada Patrick Vieira dan Nigel de Jong.

Gelandang berusia 22 tahun, yang didatangkan dari Bayern Munchen pada musim panas lalu, mengalami kesulitan mendapatkan tempat reguler di starting XI Liverpool asuhan Jurgen Klopp.

Namun, Van Der Vaart merasa bahwa dengan mengubah perannya menjadi lebih defensif, Gravenberch dapat mengukir karier yang lebih cemerlang di klub barunya. Van Der Vaart mengacu pada keberhasilan Nigel De Jong dan Patrick Vieira sebagai contoh yang dapat diikuti oleh Gravenberch.

Van Der Vaart menjelaskan bahwa De Jong, yang merupakan salah satu pahlawan Manchester City saat memenangkan gelar Premier League pertama mereka, mencapai puncak performanya ketika memutuskan untuk fokus pada peran sebagai pengontrol permainan.

De Jong dikenal sebagai pemain yang serba bisa, namun dia memilih untuk menjadi gelandang bertahan yang tangguh dan berperan sebagai ‘pit bull’ di lapangan. Van Der Vaart merasa bahwa Gravenberch juga memiliki kemampuan serupa dan bisa mencapai level tinggi jika mengikuti jejak De Jong.

Patrick Vieira, legenda Arsenal yang merupakan bagian dari tim ‘Invincibles’ dan tim nasional Prancis, juga dijadikan contoh oleh Van Der Vaart. Vieira dikenal sebagai gelandang bertahan yang memiliki pengaruh besar di lapangan dan menjadi pilar utama di tim yang dia bela.

Rafael van Der Vaart menyarankan bahwa Ryan Gravenberch dapat memainkan peran yang mirip dengan Vieira, memberikan keseimbangan antara kemampuan defensif dan serangan.

Gravenberch, yang baru-baru ini dipanggil untuk memperkuat tim nasional Belanda di Euro 2024 bersama rekan setimnya Virgil van Dijk dan Cody Gakpo, menyatakan keyakinannya bahwa kedatangan Arne Slot di Liverpool akan menjadi kabar baik bagi kariernya.

Gelandang berusia 22 tahun menegaskan bahwa Slot adalah pelatih yang ingin memainkan sepak bola yang menarik dan percaya bahwa hal ini akan memberikan manfaat besar bagi dirinya.

Saat ini, Gravenberch bermain lebih sering sebagai gelandang box-to-box, peran yang sama seperti yang dia mainkan saat masih di Ajax. Namun, dengan adanya perubahan manajerial di Liverpool, posisi yang lebih defensif mungkin akan menjadi pilihan yang menarik untuk dieksplorasi.

Bagaimanapun, gelandang internasional Belanda itu memang memiliki atribut taktis, teknis, dan fisik yang sangat baik, sehingga tidak diragukan lagi bahwa dia memiliki potensi besar untuk sukses di posisi baru tersebut.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!