Siapa Tim Liga Inggris Pemilik Selisih Terbesar Angka xG dan Gol Riil?

Gilabola.com – Di Liga Inggris, Anda tidak akan menyangka empat tim ini adalah pemilik selisih terbesar angka xG dan gol riil terbesar, yang menjadi pertanda kemampuan mereka mengejutkan lawan dengan gol-golnya.

Kita mulai dengan xG lebih dulu. Ini adalah angka harapan gol, yang dihitung dari banyaknya gerakan pemain tim tersebut masuk ke dalam kotak penalti, passing di dalam kotak, dan jumlah shots on target. Kelemahan xG adalah tidak menghitung pergerakan di luar kotak serta serangan jarak jauh.

Gol riil ya gol yang akhirnya terjadi. Tinggal lihat angkanya di papan klasemen. Bandingkan dengan angka xG. Selisihnya jika lebih besar gol riil memperlihatkan kemampuan sebuah tim untuk outperform angka harapan gol.

Manchester City Pemilik Angka xG Terbesar, Tapi Sudah Seharusnya

Angka terbesar xG atau harapan gol dimiliki oleh Manchester City, yakni 32,61. Tapi dengan raja gol Erling Haaland di dalamnya, fakta ini seharusnya tidak mengejutkan.

Apa yang sedikit lebih mengejutkan adalah realitanya City mencatatkan 36 gol, atau hampir empat gol lebih banyak daripada yang diharapkan.

Ini gara-gara tiga gol ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga terakhirnya, yang juga gagal memberi mereka kemenangan.

Aston Villa dan Spurs Adalah Berikutnya

Dua tim Liga Inggris yang tak disangka-sangka memiliki selisih terbesar antara xG dan realitas gol adalah Aston Villa dan Tottenham Hotspur.

Angka xG pasukan Unai Emery adalah 28,26. Realitanya mereka sudah melesakkan 33 gol! Berarti ada selisih hampir 5 gol antara harapan dan kenyataan! Itu adalah tim paling beruntung saat ini sesudah 14 pekan berlalu.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Urutan berikutnya adalah skuad Ange Postecoglou dengan angka xG hanya 24,46. Kenyataannya berapa? 28 gol. Atau hampir empat gol lebih banyak! Masih kalah daripada apa yang dicatatkan oleh Aston Villa.

Tetapi dibandingkan keduanya, apa yang dicatatkan Brighton lebih mengejutkan. Tim arahan Roberto De Zerbi itu hanya memiliki xG sebesar 24,15 dan mari coba kita lihat berapa jumlah gol riilnya? 30 gol! Berarti hampir enam gol di luar harapan.

Berapa Selisih Arsenal, Liverpool, Newcastle, Chelsea dan Man United?

Arsenal memiliki angka xG 28,19. Riilnya 29 gol. Biasa saja. Demikian juga Liverpool memiliki xG 31,83, dan dalam kenyataannya sudah punya 32. Juga biasa saja.

Newcastle United punya angka harapan gol 31,31 serta dalam realitanya memiliki 32 gol, yang juga tidak terlalu mengesankan.

Namun angka selisih yang minus dari xG diderita oleh Chelsea dan Manchester United. Tim biru kota London itu memiliki harapan gol 29,39. Tahu berapa kenyataannya? 25 gol saja. Alias empat gol lebih sedikit daripada yang seharusnya.

Demikian juga Red Devils dengan angka harapan gol 20,93 dan realitasnya mempunyai 16 gol saja. Hampir lima!

Itu memperlihatkan ketidakmampuan menyelesaikan crossing, umpan terobosan, sepak pojok maupun bola mati lain di depan gawang lawan. Jauh lebih rendah daripada harapan gol yang ditimpakan kepada mereka.

Tapi performa terburuk soal xG mungkin dimiliki oleh Everton, yang memiliki angka harapan gol 23,93 dan pada kenyataannya hanya bisa memberikan 15 gol saja sejauh ini. Minus hampir delapan gol!