Stadion Liga Inggris yang Paling Bikin Capek Pemain Sepak Bola, Bisa Tebak?

Gila Bola – Dari 20 stadion yang ada di Liga Inggris saat ini, ada satu yang paling bikin capek para pemain sepak bola. Bisa tebak di manakah itu? Bukan kandang tim-tim raksasa seperti Manchester United dan Manchester City, apalagi stadion Liverpool yang lebih pendek daripada umumnya.

Stadion megah pada foto di atas adalah stadion yang paling melelahkan bagi para winger tim kandang maupun tandang. Itu karena dimensi lapangan yang lebih lebar dari ketentuan umum, 105 meter kali 70 meter. Total 7.500 meter persegi!

Kandang Nottingham Forest, City Ground, adalah stadion dengan dimensi paling luas dari semua stadion di Liga Inggris saat ini. Panjang minimal yang disyaratkan oleh UEFA adalah 105 meter. Sementara panjang stadion umumnya di tanah kelahiran sepak bola ini adalah 65 meter.

Mengapa Otoritas Premier League Mengizinkan Panjang dan Lebar Lapangan Berbeda-beda?

Aturan yang dikeluarkan oleh otoritas Premier League hanya menggariskan panjang lapangan berada pada rentang 90 sampai 120 meter, serta lebar 45 sampai 90 meter. Itu saja.

Tidak ada aturan harus sekian kali sekian. Sepanjang panjang dan lebarnya dalam rentang di atas maka lokasi itu sah dijadikan salah satu stadion pertandingan Liga Inggris.

Panjang dan lebar yang tidak memenuhi ketentuan UEFA, yakni 105 meter kali 68 meter, hanya menentukan saat otoritas sepak bola Eropa itu hendak menggelar turnamen internasional seperti Euro 2028.

Anfield, yang memiliki panjang hanya 101 meter saja, tidak memenuhi syarat dan sebagai akibatnya gagal masuk sebagai satu dari 10 stadion tuan rumah Piala Eropa lima tahun lagi tersebut.

Lebarnya sih sesuai, 68 meter. Panjang lapangan di Anfield yang kurang empat meter menjadikan kandang Liverpool tidak akan menjadi tuan rumah turnamen Euro 2028.

Faktor-faktor Penentu Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola

Kemiskinan sebuah klub, atau sebaliknya kekayaan sebuah klub, menjadi faktor paling menentukan sebuah stadion memiliki panjang dan lebar yang sesuai.

Umumnya stadion ini sudah dibangun beberapa puluh tahun silam, sebelum ada ketentuan soal panjang dan lebar minimal lapangan. Itu sebabnya untuk mengadaptasi berbagai stadion yang sudah lebih berumur, hanya rentang lebar dan panjang saja yang ditetapkan oleh otoritas Premier League.

Selain kandang Nottingham Forest yang kelewat lebar, dan kandang Liverpool yang panjangnya kurang empat meter, stadion lain di Liga Inggris umumnya memiliki panjang 105 meter kali 68 meter.

Kecuali satu, Fulham. Panjang dan lebar lapangan Craven Cottage sempit sekali. Hanya 100 meter kali 65 meter.

Sebenarnya masih ada tiga lainnya. Stamford Bridge juga memiliki ukuran nanggung. Panjang 103 meter, dan lebar 67 meter. Tidak mengherankan ada upaya dari pemilik Chelsea untuk melakukan renovasi lapangan.

Demikian juga kandang Everton saat ini, Goodison Park, 103 meter kali 70 meter, dan stadion milik Crystal Palace yang hanya 100 meter kali 67 meter.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!