Update Kasus Liverpool, Gol Dianulir Luis Diaz dan Kartu Merah Curtis Jones

Gila Bola – Sepertinya kasus Liverpool ini akan meledak menjadi sesuatu yang jauh lebih besar, terutama setelah organisasi yang menaungi wasit Liga Inggris, PGMOL, mengakui kesalahan mereka. Inilah beberapa perkembangan terakhir yang mengejutkan pada Selasa dinihari (3/10).

Kasus ini diawali oleh dianulirnya gol Luis Diaz pada pertandingan Tottenham Hotspur vs Liverpool yang berlangsung pada hari Sabtu (30/9). Gambar yang ditayangkan oleh VAR sama sekali tidak memperlihatkan garis guna menjustifikasi tudingan offside yang dinyatakan oleh wasit Simon Hooper.

Dan kini setelah PGMOL mengakui kesalahan mereka, berita terbaru dari pihak Liverpool menyatakan mereka akan “mengkaji sejumlah opsi yang tersedia, demi kebutuhan akan eskalasi dan resolusi.” Terdengar seperti sebuah ancaman.

Usai pertandingan pelatih Jurgen Klopp sempat menertawakan pernyataan PGMOL dan mengatakan bahwa itu tidak berpengaruh apa pun, merujuk pada permintaan maaf yang sama yang ditujukan ke Wolves usai kesalahan wasit dalam laga kontra Manchester United.

Tetapi untuk pertama kalinya, mungkin akan perkembangan lain dari otoritas sepak bola Inggris setelah kasus VAR ini menyita perhatian yang sedemikian besar dan melibatkan sejumlah insiden lain dari laga yang sama.

Apa Sajakah Perkembangan Terbaru dari Pihak Liverpool?

Pertama, mereka telah meminta copy rekaman audio VAR yang terjadi di antara ofisial pertandingan. Mengapa hal ini penting? Ini untuk menjawab pertanyaan, mengapa ada keputusan yang sangat cepat dalam hal menganulir gol Luis Diaz tersebut.

Sementara jelas-jelas posisi berdiri dari Cristian Romero menyebabkan si pemain Kolombia dalam posisi onside.

Apakah itu merupakan “kesalahan manusia yang signifikan” seperti yang dinyatakan oleh pihak PGMOL, atau ada sesuatu yang lain.

Penjelasan pihak komisi wasit itu disebut oleh pihak klub sebagai “tidak bisa diterima” dan bahwa “integritas olahraga sudah tercederai”. Dibutuhkan sebuah “penilaian ulang yang penuh transparansi” dan bahwa mereka akan mengkaji sejumlah pilihan demi kebutuhan akan eskalasi dan resolusi.

Kedua, Liverpool akan mengajukan banding atas kartu merah Curtis Jones karena alasan integritas yang sudah diragukan tersebut.

Curtis Jones Bisa Kena Skorsing Tiga Laga

Sang gelandang, Jones, bisa terkena skorsing tiga pertandingan jika pihak klub tidak mengajukan banding untuk kasus kartu merah yang didapatkannya pada menit ke-26 itu.

Semula wasit Simon Hooper memberinya kartu kuning untuk apa yang terlihat sebagai pelanggaran keras menginjak pergelangan kaki Yves Bissouma, tetapi ia kemudian membatalkannya dan memberinya kartu merah setelah melihat tayangan ulang VAR di sisi lapangan.

Jika banding tidak diajukan dan kartu merah itu tidak dibatalkan maka Curtis Jones akan absen untuk tiga pertandingan Premier League berikutnya, yakni kontra Brighton, Everton dan Nottingham Forest. Sebuah kehilangan yang sangat besar!

Baca berita dan artikel lainnya di Google News