Wayne Rooney: Southgate Harusnya Bawa Mantan Bintang Liverpool ke Euro 2024!

Gila Bola –¬†Wayne Rooney menyebutkan pemain Inggris yang seharusnya dibawa Gareth Southgate ke Euro 2024, dan dia adalah mantan bintang Liverpool! Ini alasannya!

Rooney percaya, pemina Liverpool  Jordan Henderson seharusnya masuk skuad tim nasional Inggris karena kualitas kepemimpinannya. Skuad muda Inggris kekurangan kepemimpinan dan pengalaman di lini tengah, meskipun Harry Kane menjadi kapten mereka.

Southgate masih memiliki waktu untuk mengatasi masalah performa sebelum tantangan besar muncul saat menghadapi Slovenia di pertandingan grup terakhir mereka di Grup C Euro 2024 di Jerman.

Di tengah analisa dari pengamat di luar kamp skuat Inggris setelah awal Euro 2024 mereka yang lambat, Wayne Rooney percaya bahwa Jordan Henderson seharusnya dimasukkan dalam skuad 26 pemain Gareth Southgate.

Mantan legenda Manchester United dan Inggris itu melontarkan pernyataan mengejutkan setelah Inggris bermain imbang 1-1 dengan Denmark pada matchday kedua Grup C.

Dan perspektif diperlukan dalam situasi ini, Three Lions saat ini duduk di puncak klasemen dan berpeluang lolos sebagai juara Grup C yang juga dihuni oleh Serbia dan Slovenia, standar performa telah menjadi perhatian utama bagi mereka yang menonton.

Southgate dipuji sebelum turnamen karena melepaskan kesetiaannya kepada pemain tertentu demi skuad yang lebih menyerang, juga ketika pemain seperti Jack Grealish dan Marcus Rashford ditinggalkan karena performa buruk di klub.

Namun, kurangnya kreativitas untuk Inggris telah membuka argumen bahwa mungkin Southgate telah memilih skuad yang terlalu muda, dan Rooney percaya bintang lain diabaikan adalah Jordan Henderson.

Apa yang Dikatakan Rooney Tentang Henderson

Timnas Inggris Butuh Pemimpin Seperti Henderson

Henderson, yang menggantikan Steven Gerrard sebagai kapten Liverpool pada tahun 2015, membawa The Reds meraih gelar Liga Champions, Piala FA, Piala Liga, Piala Dunia Klub, Piala Super UEFA, dan menjadi pemimpin bagi skuat Liverpool.

Karena itu, Rooney berpendapat dia akan menjadi karakter yang sempurna untuk dimiliki dalam skuat Southgate.

Sementara Harry Kane, kapten saat ini, adalah sosok yang tenang dan halus, gaya kepemimpinan vokal Henderson bisa dibilang akan menghasilkan hasil yang lebih baik di lapangan, dengan kepala para pemain yang saat ini tampak tertunduk setelah kebobolan gol pertama. Berbicara kepada BBC Sport, dia berkata:

“Anda ingin menekan bola, Anda membutuhkan suara di belakang. Jadi Harry membutuhkan suara di belakang untuk memberi tahu mereka agar terus bermain seperti yang sudah dilatih. Dan saya katakan sebelum turnamen, saya pikir saya akan membawa Jordan, karena Anda tidak memiliki pengalaman itu di lini tengah. Tapi dia juga seorang pemimpin vokal. Harry bukan yang paling vokal, dan dia tidak berbicara sebanyak yang seharusnya.”

Jordan Henderson bahkan tidak masuk skuad sementara berisi 33 pemain Southgate setelah musim 2023/24 yang tampil buruk.

Enam bulan setelah meninggalkan Anfield untuk bergabung dengan klub Liga Pro Saudi Al Ettifaq, ia memutuskan kontraknya untuk bergabung dengan Ajax, sebelum menjadi sasaran kritik setelah ia masih dipilih untuk pertandingan Inggris pada jeda internasional November 2023, meskipun performa klubnya buruk.

Performa Inggris di Euro 2024

Inggris akan menjalani pertandingan grup terakhir mereka melawan Slovenia pada Selasa malam di mana kemenangan akan memastikan mereka berada di puncak klasemen, sementara hasil imbang akan cukup untuk tetap berada di posisi pertama jika Denmark gagal mengalahkan Serbia.

Meski begitu, kekalahan kemungkinan juga akan cukup bagi Inggris untuk lolos, baik di posisi kedua atau ketiga.

Oleh karena itu, belum perlu menekan tombol panik. Meskipun ada konsensus bahwa Inggris akan kesulitan menghadapi salah satu favorit turnamen, Southgate masih memiliki waktu untuk mengubah performa mereka, dengan semua perhatian tertuju untuk memperbaiki keadaan di pertandingan terakhir Grup C mereka pada Selasa malam.