2023 Ini Man City Menang 5 Gelar! Pep Rebut 16 Trofi Bersama Skyblues

Gila Bola – Tahukah kamu, tahun 2023 ini saja Manchester City sudah berhasil memenangkan lima gelar! Dan sang pelatih Pep Guardiola sepanjang karirnya di Etihad Stadium, sudah merebut 16 piala bersama klub biru langit ini.

Rodri, Phil Foden, dan Julian Alvarez berhasil merebut Piala Dunia Antarklub usai menang 4-0 atas klub Brasil Fluminense dalam partai final di Jeddah, Arab Saudi, yang usai Sabtu dinihari (23/12).

Itu menjadi piala kelima dari skuad the Skyblues setelah pertengahan 2023 lalu mereka merebut gelar juara Premier League, lalu Piala FA, Liga Champions, dan Piala Super UEFA.

Bagaimana Man City Merebut Gelar Juara Dunia, Kalahkan Fluminense

Jika kamu melihat susunan pemain Fluminense, maka ada satu nama yang menarik perhatian, Marcelo.

Bekas bek tengah Real Madrid itu berdiri sebagai salah satu pengawal gawang tim Brasil tersebut. Tapi ia tidak banyak jasanya, hanya berdiri memberi nasihat pada hakim garis untuk gol cepat 40 detik oleh Julian Alvarez.

Gol dari sang pemain Argentina mengawali tiga gol berikutnya, yang datang secara berturut-turut dari bunuh diri bek tengah Nino, lalu Phil Foden sekitar 20 menit jelang akhir, dan Alvarez satu kali lagi menjebol gawang Fabio pada menit-menit terakhir pertandingan. Empat gol City tanpa balas!

Jika kita melihat data permainan maka sebenarnya tidak kurang perlawanan dari Marcelo dan rekan-rekannya, seperti terlihat dari lima upaya gol dan dua tepat sasaran ke gawang rekan Brasil mereka, Ederson, yang menjaga gawang City.

Tapi dari angka xG yang kita lihat dibubuhkan pada Fluminense, kita tahu, Ederson tidak sempat berkeringat di malam yang berhawa panas di Jeddah. Tahu angka xG klub Brasil itu berapa? 0.13. Apa artinya? Artinya, nyaris tidak ada satu kali pun peluang gol dari pihak klub Brasil tersebut.

Pep Guardiola Sejak 2016 Sudah Merebut 16 Piala Bersama City 

Jika kita kumpulkan satu per satu maka sejak kedatangannya pada tahun 2016 di Etihad Stadium, sang pelatih Catalonia ini sudah menyilaukan seluruh dunia. Bukan dari kepalanya yang licin tapi dari pantulan piala-piala yang diraihnya.

Kamu tahu apa saja koleksi piala bekas manajer Bayern Munchen dan Barcelona ini?

Lima piala Premier League, satu trofi kuping besar Liga Champions, dua kali Piala FA, empat EFL Cup atau Carabao Cup, satu Piala Dunia Antarklub di Arab Saudi malam ini, satu Piala Super Eropa, dan dua piala yang kurang penting Community Shields.

Itu belum lagi menghitung 14 trofi yang dikumpulkannya saat ia mengelola Barcelona pada periode 2008 sampai 2012.

Bayern Munchen pasti menyesal tidak sabar setelah melihat Pep gagal mempersembahkan trofi kuping besar. Di Allianz Arena hanya tujuh piala saja dikumpulkan oleh pelatih Catalonia itu. Kalau saja klub raksasa Bundesliga itu sesabar Manchester City, pasti jumlah pialanya sudah sama banyak.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!