Ajax Cari Pelatih Baru, John Heitinga Dipecat

Gila Bola – Ajax Amsterdam tengah mencari pelatih baru setelah pelatih interim, John Heitinga, dipecat klub raksasa Belanda tersebut.

Pelatih berusia 39 tahun itu gantikan mantan pelatih Hoffenheim, Alfred Schreuder, pada akhir bulan Januari. Namun, Ajax tetap finish di urutan ke tiga Eredivisie dan kehilangan tempat di kualifikasi Liga Champions. De Godenzonen hanya akan ikuti babak playoff Liga Europa musim depan.

“Saya beranggapan, Ajax sekarang butuh pelatih yang lebih berpengalaman,” tandas direktur olahraga, Sven Mislintat, seperti dilansir The West.

“Hal itu sangat penting, mengingat situasi yang kami alami saat ini. Kami harus membuat Ajax lebih sukses lagi setelah musim lalu,” tambahnya.

Masalah yang dialami klub raksasa Belanda itu dimulai setelah Erik ten Hag putuskan untuk pindah ke Manchester United.

Tinggalkan Ajax, Bawa Manchester United Sukses

Di Inggris, Ten Hag sukses membawa Setan Merah menyabet trofi Piala Liga dan akan bertarung di final Piala FA melawan jawara liga yang juga rival sekotanya, Manchester City, pada Sabtu (3/6).

Selain itu, di tangan Ten Hag, Manchester United juga menjadi klub penantang gelar dan menutup musim 2022/23 di posisi ketiga Liga Premier serta akan bertarung di fase grup Liga Champions musim depan.

Sedangkan Ajax, lakoni musim 2022/23 dengan mengecewakan setelah ditinggal Ten Hag. Mereka hanya menutup musim di urutan ke tiga dan gagal meraih tiket kualifikasi Liga Champions musim depan – untuk pertama kalinya sejak tahun 2009.

John Heitinga Sebenarnya Bisa Perbaiki Posisi Ajax

Ditambahkan ESPN, Heitinga sebenarnya mampu mendongkrak posisi Ajax di papan klasemen, dari peringkat lima ke urutan tiga klasemen Liga Belanda. Namun pihak klub telah putuskan untuk tak memperpanjang masa tugasnya, meskipun dia tetap akan terlibat di Ajax dengan peran berbeda.

“Secara pribadi, ini keputusan sulit, dan tidak mudah juga untuk memberi tahu dia soal ini. John telah membantu klub ini di periode sulit kami, dan dia lakukan dengan penuh dedikasi. Kami sangat berterima kasih terkait hal itu,” tambah Mislintat.

“Dia sudah belajar banyak selama beberapa bulan ini, dan kami ingin menempatkan dia di bagian pengembangan dan membuatnya tetap terlibat di dalam kub ini. Namun, saya sudah putuskan Ajax tetap butuh pelatih yang lebih berpengalaman,” ujarnya.

Ajax Ditinggal Edwin van der Sar

Pada awal pekan ini, Ajax mengumumkan bahwa CEO mereka,¬†Edwin van der Sar, akan tinggalkan posisinya setelah ‘periode yang sangat berat’ yang harus dilalui Ajax musim lalu.

Pada musim 2022/23, Feyenoord sukses memenangkan trofi Liga Belanda, dan finish 13 poin di atas Ajax. PSV Eindhoven menjadi runners-up dan mengklaim tempat kedua di zona kualifikasi Liga Champions musim depan.

Kategori: Sepakbola, Internasional
Topik: Ajax Amsterdam