Buntut Cederanya Neymar, Fifa Harus Bayarkan 125 Miliar pada Al-Hilal

Gilabola.com РNeymar cedera parah di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL melawan Uruguay, Rabu (18/10). Fifa pun harus memberi ganti rugi cukup besar kepada klubnya, Al-Hilal, terkait cedera tersebut.

Cedera lutut cukup parah yang dialami Neymar kali ini, bisa membuat Fifa harus merogoh kocek dalam-dalam sebesar 6,5 juta Poundsterling – setara 125 miliar Rupiah, untuk klubnya.

Otoritas sepak bola internasional itu tengah dihadapkan pada kewajiban bayarkan kompensasi besar kepada klub asal Arab Saudi tersebut, setelah bintang baru mereka harus absen di sisa musim ini.

Neymar yang tak henti menangis akibat cederanya tersebut, harus ditarik keluar lapangan setelah mengalami cedera ACL saat Brasil kalah 0-2 di kandang Uruguay.

Striker berusia 31 tahun itu sendiri pindah ke Al-Hilal dari PSG pada bulan Agustus 2023, dengan kantongi gaji sekitar 2,5 juta Pounds – setara 48 miliar Rupiah, per pekan.

Kompensasi Fifa Masih ‘Termasuk Kecil’ Dibanding Total Pendapatan Neymar

Fifa memang punya kewajiban mengganti besaran gaji pemain yang cedera dan harus absen selama 28 hari hingga satu tahun, dengan batasan maksimum sebesar 6,5 juta Pounds tersebut.

Namun, jumlah tersebut ‘termasuk kecil’ jika dibandingkan dengan paket penghasilan Neymar secara keseluruhan di tim yang saat ini memimpin klasemen Liga Pro Arab Saudi tersebut.

Kontrak mantan bintang Barcelona itu di Al-Hilal bisa membuatnya kantongi dana hingga 314 juta Pounds – sekitar 6 triliun Rupiah, selama dua tahun.

Al-Hilal: Neymar akan Jalani Operasi

Dalam laga melawan Uruguay di Estadio Centenario, Montevideo, Neymar tampak terjatuh di akhir babak pertama. Ketika itu, ia tampak berusaha merebut bola dari Nicolas de la Cruz.

Lututnya tampak melemah dan tak mampu menahan berat badannya, ketika ia jatuh di atas lapangan. Neymar pun segera dikelilingi oleh para pemain dari kedua tim dan Neymar tampak terus memegang lutut kirinya, berteriak kesakitan serta meronta-ronta di atas lapangan.

Neymar kemudian ditandu keluar lapangan, di mana ia tampak terus menutupi wajahnya dengan kedua tangannya, dan terlihat sangat kesakitan. Akibat cedera ini, Al-Hilal hampir tak bisa berharap Neymar akan kembali bermain di sisa musim ini.

“Tes medis yang dilakukan pada Neymar mengkonfirmasikan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) dan sobek pada meniskus di lututnya. Dia akan jalani operasi dan program perawatannya akan ditentukan kemudian. Semoga Neymar akan kembali lebih kuat,” demikian pernyataan resmi Al-Hilal yang dilansir SunSport.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News