Catat Jadwal Drawing Euro 2024 dan Alasan Mengapa Perancis dan Inggris Dibuang ke Pot 2

Sisihkan waktu pada akhir pekan ini untuk mengikuti drawing Euro 2024. Untuk pertama kalinya sejak bertahun-tahun, Perancis dan Inggris tidak ditempatkan sebagai unggulan kompetisi UEFA ini. Begini loh alasannya.

Drawing babak kualifikasi Piala Eropa 2024 akan dilakukan pada Minggu sore 9 Oktober 2022 dengan hanya empat tim masuk Pot khusus paling atas. Mereka adalah Kroasia, Spanyol, Italia dan Belanda.

Pot khusus ini diberi nama Pot UNL. Sesuai namanya, ini merupakan Pot unggulan bernama UEFA Nations League karena empat negara itu menjadi juara grupnya masing-masing pada kompetisi dua tahunan yang mengisi jeda waktu internasional.

Mengapa musti Pot khusus? Maksudnya agar empat negara ini DIPASTIKAN dapat grup yg lebih enak di babak kualifikasi, A B C D, yang hanya terdiri dari lima tim dan dengan demikian hanya menjalani 8 pertandingan. Empat kandang, empat tandang.

Perancis dan Inggris Tidak Diunggulkan

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Pasukan Didier Deschamps dan Gareth Southgate tidak masuk daftar unggulan drawing babak kualifikasi Piala Eropa 2024. Mereka hanya ditempatkan di Pot 2 bersama sejumlah tim kurang terkenal lainnya seperti Austria, Republik Ceko, Wales, Israel, Bosnia-Herzegovina, Serbia, Skotlandia dan Finlandia.

Kenapa Perancis dan Inggris tidak diunggulkan? Karena penampilan buruk di UEFA Nations League yang berakhir pada September 2022.

Les Bleus hanya ranking ketiga Grup 1 Liga A, di bawah Kroasia dan Denmark. 5 poin, hasil dari satu kali menang, dua imbang dan tiga kekalahan dari enam pertandingan.

Tim Tiga Singa bahkan lebih buruk lagi, degradasi ke Liga B usai menempati posisi keempat Grup 3 Liga A, di bawah Italia, Hungaria, dan Jerman. Menderita dua kekalahan fatal lawan Hungaria, selain kalah lawan Italia. Total tiga kekalahan, tiga draw, nihil kemenangan. Tiga poin saja.

Beda Grup Enak dan Tidak Enak Euro 2024

Pot UNL hanya menjalani 8 pertandingan. Sementara tiga dari enam peserta unggulan Pot 1 akan dimasukkan ke grup dengan lima peserta, tiga sisanya ke grup dengan enam peserta. Grup dengan 6 tim berarti akan menjalani 10 pertandingan. Lima di kandang dan lima melawat ke stadion tim lain.

Selain untuk memberi bobot pada pentingnya kompetisi UEFA Nations League, jumlah pertandingan yang lebih sedikit memberi waktu bagi empat negara SUPER UNGGULAN ini (Kroasia, Spanyol, Italia dan Belanda) untuk berlaga pada semifinal, final, serta perebutan tempat ketiga UEFA Nations League pada Juni 2023.

Begitu loh. Catat waktu drawing kualifikasi Euro 2024. Minggu sore pukul 18.00 WIB.

BANDARTOGEL77
IBOSport
MACAUBET
SebelumnyaReal Madrid Optimis Bisa Menangi Perburuan Jude Bellingham Tahun 2023 Mendatang
SelanjutnyaJANGAN JAGOKAN Timnas Perancis, Bakal Kena Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia!