Daftar Lengkap Pemenang Penghargaan Best FIFA Awards 2023, Dominasi Manchester City

Edisi kedelapan The Best FIFA Football Awards telah usai digelar di London pada Selasa dinihari (16/1/2024) dan Lionel Messi kembali terpilih sebagai pemain terbaik dunia.

Penghargaan pertama malam itu diberikan kepada manajer Manchester City, Pep Guardiola, yang menerima penghargaan pelatih terbaik, The Best FIFA Men’s Coach.

Sarina Wiegman, pelatih tim wanita asal Inggris, kemudian meraih penghargaan The Best FIFA Women’s Coach untuk keempat kalinya.

Enam pemain Manchester City termasuk dalam FIFA FIFPRO Men’s World 11. Meskipun Ederson tidak termasuk di dalamnya, ia kemudian dinobatkan sebagai The Best FIFA Men’s Goalkeeper atau kiper terbaik.

Mary Earps memenangkan penghargaan kiper terbaik wanita, The Best FIFA Women’s Goalkeeper, dan menjadi salah satu dari tujuh pemain Inggris yang masuk dalam FIFA FIFPRO Women’s World 11.

Penghargaan Puskas FIFA 2023 diberikan kepada gelandang Brasil, Guilherme Madruga, untuk tendangan overhead spektakulernya sejauh 22 meter untuk Botafogo saat melawan Novorizontino.

Tim nasional pria Brasil memenangkan Penghargaan Fair Play atas upaya mereka dalam melawan rasisme dengan solidaritas terhadap Vinicius Junior.

Cafu, bagian dari delegasi legenda Brasil yang menerima penghargaan atas nama tim saat ini, menyatakan: “Tidak ada tempat untuk ketidaksetaraan di dunia, dan sepak bola dapat membawa kita menuju kesetaraan dalam masyarakat.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

“Sepak bola adalah salah satu alat terbaik untuk inklusi sosial di dunia. Mari kita gunakan alat ini untuk mendidik orang dan mencapai kesetaraan.”

Legenda Brasil lainnya, Marta, kemudian dianugerahi FIFA Special Award sebagai pengakuan atas karirnya yang luar biasa.

Seorang pendukung Club Atletico Colon memenangkan FIFA Fan Award setelah video dia memberi makan bayinya di tengah pertandingan menjadi viral.

Meskipun Lionel Messi tidak hadir dalam upacara penghargaan, ia dinobatkan sebagai The Best FIFA Men’s Player, mengungguli Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Pemenang penghargaan Best FIFA Women’s Player adalah gelandang Spanyol dan Barcelona, Aitana Bonmati, yang mengalahkan Linda Caicedo dan Jenni Hermoso.

Daftar Lengkap Peraih Penghargaan The Best FIFA Awards 2023

  • The Best FIFA Men’s Player: Lionel Messi
  • The Best FIFA Women’s Player: Aitana Bonmati
  • The Best FIFA Men’s Coach: Pep Guardiola
  • The Best FIFA Women’s Coach: Sarina Wiegman
  • The Best FIFA Men’s Goalkeeper: Ederson
  • The Best FIFA Women’s Goalkeeper: Mary Earps
  • FIFA Fair Play Award: Brazil men’s national team
  • FIFA Puskas Award: Guilherme Madruga
  • FIFA Fan Award: Hugo Daniel “Toto” Iniguez
  • FIFA Special Award: Marta
  • FIFA FIFPRO Men’s World 11: Thibaut Courtois, Kyle Walker, Ruben Dias, John Stones, Jude Bellingham, Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, Vinicius Junior, Lionel Messi, Kylian Mbappe and Erling Haaland
  • FIFA FIFPRO Women’s World 11: Mary Earps, Lucy Bronze, Olga Carmona, Alex Greenwood, Aitana Bonmati, Ella Toone, Keira Walsh, Lauren James, Sam Kerr, Alex Morgan & Alessia Russo