Hasil Kamboja vs Timnas Indonesia U22 di SEA Games 2023: Indonesia Juara Grup A, Tuan Rumah Tersingkir

Gila Bola – Hasil Kamboja vs Timnas Indonesia U22 di laga terakhir fase Grup A SEA Games 2023 yang digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Rabu (10/5) malam, ditutup dengan skor 1-2.

Indonesia berhasil melaju sebagai juara Grup A di cabor sepak bola putra setelah kalahkan tuan rumah, Kamboja, 2-1. Sayangnya, gawang skuad Garuda Muda akhirnya kebobolan juga di laga ini, dan gagal mempertahankan clean sheet yang sudah tercipta sejak laga perdana.

Di laga ini, Indonesia berhasil membuka kemenangan saat laga baru berjalan sembilan menit saat Titan Agung berhasil menyarangkan tendangannya ke gawang Kamboja. Gol ini kemudian digandakan Beckham Putra di menit 51.

Namun di antara kedua gol tersebut, gawang Adi Satryo kebobolan di menit 45+1 setelah sundulan kepala pemain Kamboja, Sin Sovannmakara, berhasil membawa tuan rumah memperkecil ketertinggalan mereka.

Namun, skor kemenangan Indonesia tak berubah hingga akhir laga, meskipun banyak drama yang terjadi di babak kedua dan pelatih Indra Sjafri harus menarik keluar kiper Adi Satryo karena pelanggaran yang dilakukan pemain tuan rumah.

Kemenangan ini makin memantapkan posisi Indonesia di puncak klasemen Grup A, meskipun gawang skuad Garuda kebobolan gol pemain lawan.

Indonesia Memimpin di Awal Laga

Indonesia sudah berhasil mengancam saat laga baru berjalan empat menit lewat aksi Kelly. Sayang tendangannya masih melebar!

Namun dua menit kemudian, tuan rumah nyaris menjebol gawang Indonesia. Beruntung bola pun masih melebar dari gawang Adi Satryo.

GOL!! Titan berhasil menyarangkan umpan silang Haykal dan membawa Indonesia memimpin 1-0 atas tuan rumah Kamboja di menit ke-9.

Diawali umpan silang Haykal, bola kemudian disundul Jeam Kelly Sroyer, tapi berhasil ditepis kiper Kamboja, Reth Lyheng.

Namun, bola liar kemudian disambar Titan Agung dan langsung bersarang di gawang Kamboja.

Indonesia Punya Banyak Peluang Usai Gol Pertama

Irfan Jauhari nyaris menggandakan skor skuad Garuda Nusantara tiga menit kemudian, tapi tendangan jarak jauhnya masih melambung dari mistar gawang lawan.

Indonesia bahkan kembali mendapat peluang di menit ke-14 saat Kelly berusaha menyarangkan tendangan kerasnya, sayangnya upaya ini berhasil diantisipasi kiper lawan.

Giliran sang kapten, Witan Sulaeman, yang harusnya bisa menggandakan skor Indonesia tepat di menit ke-30. Namun upaya inipun gagal membuahkan hasil.

Kamboja Cetak Gol

Kamboja nyaris samakan kedudukan di menit 33, beruntung Adi Satryo berhasil menangkap bola di udara.

Upaya tuan rumah untuk menyamakan kedudukan membuahkan hasil di masa injury, setelah bola sundulan kepala Sin Sovannmakara tak mampu dibendung Adi Satryo dan skor pun berubah menjadi 1-1 sebelum turun minum.

Indonesia Kembali Memimpin

Upaya mati-matian yang dilakukan skuad Indonesia untuk menang di babak kedua laga ini akhirnya membuahkan hasil. David Beckham berhasil menggandakan skor Indonesia di menit 51 lewat tendangan kaki kirinya dari sisi kotak penalti. GOL!! 2-1 Untuk Indonesia!

Kamboja memiliki peluang emas di menit 67 yang nyaris membuat mereka menyamakan kedudukan. Namun upaya ini gagal karena bola melambung di atas gawang Adi Satryo.

Kamboja mendapat peluang penalti di menit 81 setelah Ferrari lakukan pelanggaran terhadap pemain lawan di area penalti. Bola berhasil digagalkan Adi Satryo, tapi pemain lawan lakukan pelanggaran terhadap kiper PSIS Semarang tersebut.

Tak ada gol yang tercipta, karena bola yang berhasil ditembakkan pemain lawan ketika pelanggaran terhadap Adi Satryo pun tak disahkan wasit. Pelatih Indra Sjafri terpaksa mengganti Adi Satryo dengan Ernando Ari setelah cedera yang dialaminya.

Susunan Pemain

Kamboja: Reth Lyheng; Taing Bunchhai, Soeuth Nava, Ny Sokry, Chan Sarapich; Koeut Pich, Sin Sovannmakara, Nhean Sosidan, Chou Sinti; Sieng Chanthea, Lim Pisoth.

Timnas Indonesia U22: Adi Satryo; Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferrari, Komang Teguh Trisnanda, Beckham Putra, Haykal Al Hafiz, Taufany Muslihuddin, Witan Sulaeman (C), Jeam Kelly Sroyer, Irfan Jauhari, Titan Agung Bagus Fawwazi.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!