Hasil Piala Asia: Qatar Menang Adu Penalti, Uzbekistan Gagal Melaju ke Semifinal

Gilabola.com – Hasil Qatar vs Uzbekistan di perempatfinal Piala Asia yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Sabtu (3/2), berakhir dengan skor 3-2 (1-1).

Juara bertahan Qatar berhasil amankan kemenangan dengan susah-payah malam ini. Kedua tim peroleh imbang di waktu normal dua kali 45 menit hingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu dan adu penalti.

Di waktu normal Qatar unggul lebih dulu di menit ke-27 lewat gol bunuh diri kiper Uzbekistan, Utkir Yusupov. Namun Uzbekistan berhasil samakan kedudukan di menit 58 lewat tendangan Odiljon Hamrobekov dari sisi kotak penalti.

Namun, skor 1-1 tersebut bertahan hingga laga normal usai, bahkan tak berubah di babak perpanjangan waktu. Laga yang harus ditutup lewat drama adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2.

Uzbekistan harus melihat harapan mereka untuk melaju di turnamen ini buyar setelah eksekutor ke-2 Rustamjon Ashurmatov, ke-4 Zafarmurod Abdirahmatov  dan ke-5 mereka, Jaloliddin Masharipov, gagal menyarangkan bola ke gawang Qatar.

Sedangkan dari kubu Qatar, hanya dua pemainnya yang gagal mengeksekusi penalti, yakni eksekutor kedua Almoez Ali dan Almahdi Ali sebagai eksekutor ketiga. Tim juara bertahan itupun sukses amankan skor 3-2 dalam adu penalti ini, dan berhak melaju ke babak semifinal.

Kiper Uzbekistan Cetak Gol Bunuh Diri, Qatar Memimpin  

Kedua tim yang sama-sama belum pernah kalah sebelum laga perempatfinal malam ini, berusaha tampil menekan sejak kickoff.

Qatar memimpin di menit ke-27 setelah upaya tuan rumah gagal diantisipasi dan malah membuahkan gol bunuh diri yang dibukukan kiper Uzbekistan, Utkir Yusupov, di menit ke-27.

Uzbekistan harusnya bisa menyamakan kedudukan sembilan menit kemudian, tetapi tendangan pemain nomor 19 masih melebar.

Gawang Uzbekistan nyaris kebobolan lagi tepat di menit ke-40, tapi kemelut di depan gawang tuan rumah tak membuahkan hasil dan bola berhasil dihalau.

Qatar Dominasi Laga di Babak Pertama

Di babak pertama ini kekuatan kedua tim tak terlalu jomplang, meskipun tuan rumah lebih unggul dalam penguasaan bola dengan perbandingan 55:45.

Jika Qatar lancarkan tiga tembakan dan dua di antaranya mengarah ke gawang, Uzbekistan yang tampil lebih ngotot setelah kebobolan bisa lancarkan empat tembakan. Walaupun hanya satu tembakan saja yang benar-benar mengarah ke gawang tuan rumah.

Di awal babak kedua Uzbekistan nyaris samakan kedudukan setelah mereka mendapat peluang set-piece usai pelanggaran dilakukan kiper Qatar. Namun bola jatuh ke pelukan Barsham.

Uzbekistan Samakan Kedudukan

Peluang didapat Uzbek di menit 53 saat Odiljon Hamrobekov nyaris sarangkan tendangan jarak jauhnya ke gawang tuan rumah.

Lima menit kemudian Uzbekistan kembali mendapat peluang lewat aksi Otabek Shukurov – juga dari luar kotak penalti, tapi bola melambung ke atas mistar gawang Qatar.

Upaya yang dilakukan Uzbekistan akhirnya membuahkan hasil di menit 58 saat  Odiljon Hamrobekov lancarkan tendangan kerasnya dari sisi kotak penalti. Skor pun berubah 1-1!

Tetap Imbang, Laga Qatar vs Uzbekistan Ditutup Adu Penalti

Para pemain kedua tim berusaha keras untuk mencetak gol penentu kemenangan mereka di waktu normal, tapi hingga 45 menit terakhir laga – plus tambahan waktu 12 menit, tak ada gol tambahan yang tercipta. Pertandingan pun dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Kedua tim langsung tancap gas di babak tambahan waktu dan sama-sama mendapat peluang gol. Namun, kedua tim masih kesulitan membobol gawang lawan. Dua kali 15 babak tambahan waktu tak juga cukup bagi kedua tim untuk mencetak gol penentu kemenangan mereka, dan laga pun dilanjutkan dengan adu penalti.

Susunan Pemain Qatar vs Uzbekistan

  • Qatar (3-5-2): M Barsham; T Salman, A Mukhtar, Lucas Mendes; P Miguel, J Gaber, A Fatehi, H Al Haidos, MW Abdulwahhab; A Ali, Akram Ali.
  • Uzbekistan (3-4-2-1): U Yusufov; R Ashurmatov, U Eshmurodov,A Abdullaev; F Sayfiev, O Shukurov, O Hamrobekov, A Turgunboev; A Fayzullaev, O Urunov; J Masharipov.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita sepak bola! Untuk bergabung klik di sini gibolers!