Hasil Piala Afrika Paling Dramatis! 9 Pemain Pantai Gading Kalahkan Mali, Skor 1-2!

Gilabola.com – Pertandingan babak perempat final Piala Afrika antara Mali vs Pantai Gading jadi laga paling dramatis, 9 pemain skuad berjuluk Les Elephants menolak kalah meski sempat tertinggal dan comeback di menit-menit akhir!

Timnas Mali meski unggul jumlah pemain sejak awal babak kedua baru bisa mencetak gol di menit ke-71 lewat gol Nene Dongeles, namun Simon Adingra berhasil menyamakan kedudukan di menit terakhir babak kedua. Pantai Gading membalikkan keunggulan lewat gol Oumar Diakite di menit akhir perpanjangan waktu!

Jalannya Pertandingan

Pertandingan babak pertama dimulai, dan tidak lama kemudian, salah satu pemain Mali berada di depan gawang tetapi dijatuhkan oleh seorang bek Pantai Gading di dalam kotak penalti. Meskipun demikian, wasit memutuskan bahwa insiden tersebut tidak layak dianggap sebagai penalti.

Namun, pertandingan terhenti ketika wasit Mohamed Adel tampaknya menerima sinyal untuk menggunakan teknologi VAR guna meninjau klaim penalti yang menguntungkan Mali. Setelah hampir tiga menit analisis di layar VAR, wasit menyimpulkan bahwa seorang pemain Mali berada dalam posisi offside. Dengan demikian, keputusan tidak ada penalti tetap berlaku.

Pada menit ke-15, wasit kembali meniup peluit setelah Odilon Kossounou melakukan pelanggaran terhadap lawannya di dalam kotak penalti. Kali ini, Mali mendapatkan kesempatan untuk mengeksekusi penalti. Namun, Adama Traore gagal memanfaatkan kesempatan tersebut ketika tendangannya berhasil dihalau oleh kiper Yahia Fofana.

Meskipun terhindar dari kebobolan gol penalti, Odilon Kossounou tidak belajar dari kesalahannya dan menerima kartu kuning keduanya pada menit ke-43 setelah melakukan pelanggaran yang sama. Pelatih Pantai Gading terlihat kesal terhadap tindakan gegabah pemainnya, demikian juga rekan-rekan setimnya.

Beruntung bagi Pantai Gading bahwa gawang mereka tidak kebobolan gol hingga jeda pertandingan meskipun bermain dengan hanya 10 pemain.

Di awal babak kedua, Lassine Sinayoko dari Mali menghasilkan umpan silang berbahaya dari atas lapangan. Namun, bek lawan berhasil mengintersepnya dan membersihkan bola tersebut. Upaya Mali memaksa terjadinya tendangan sudut, tetapi lawan siap melakukan serangan berbahaya kembali.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Amadou Haidara mendapat peluang bagus untuk mencetak gol di menit ke-51. Dia berhasil menciptakan ruang untuk melepaskan tembakandari sisi kiri gawang, dan mencoba keberuntungannya dari jarak jauh. Namun, tembakannya digagalkan oleh penyelamatan brilian dari kiper Yahia Fofana!

Pada menit ke-71, terciptalah gol untuk Mali, Dorgeles Nene melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, bola melesat masuk di dekat tiang kanan gawang, tak memberi kesempatan kepada Yahia Fofana untuk melakukan penyelamatan. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Mali.

Oumar Diakite dari Pantai Gading menunjukkan reaksi cepat di dalam kotak penalti dan berhasil melompat untuk menyambut umpan dari tendangan sudut. Meski sundulannya keras, bola tersebut melebar tipis dari sasaran.

Pada menit ke-90, sebuah gol tercipta untuk Pantai Gading! Simon Adingra mengirimkan bola melewati penjaga gawang! Gol ini terjadi setelah kekacauan di kotak penalti Mali, dimulai dari tendangan dari luar kotak penalti yang mengenai pemain Mali, dan bola liar tersebut disambar oleh Simon masuk ke gawang Mali! Skor menjadi 1-1, dan pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu!

Keajaiaban pun terjadi di masa perpanjangan waktu 2×15 menit, sebuah gol tercipta dan lagi-lagi terjadi di menit akhir pertandingan tepatnya menit 120+2! Dan gol dari Oumar Diakite membalikkan keunggulan bagi Pantai Gading dengan skor 1-2!

Setelah gol tersebut, dua kartu merah dilayangkan wasit, satu bagi pemain Mali Hamari Traore dan satu bagi sang pencetak gol Oumar Diakite yangterlibat perselisihan sebelum wasit mengakhiri pertandingan.

Data Pertandingan

  • Pertandingan: Mali vs Pantai Gading
  • Skor Akhir: 1-1
  • Kompetisi: Perempat Final, Piala Afrika 2024
  • Waktu: Sabtu, 3 Februari 2024
  • Lokasi: Peace Stadium of Bouake, Pantai Gading

Susunan Pemain

Timnas Mali: Djigui Diarra; Hamari Traoré, Kouyaté, Niakaté e Moussa Diarra; Dieng, Dorgelès, Bissouma e Diabate; Youssouf Niakhaté e Sinayoko.

Timnas Pantai Gading: Yahia Fofana; Serge Aurier, Odilon Kossounou, Evan Ndicka e Ghislain Konan; Oumar Diakité, Jean-Michaël Seri e Seko Fofana; Ibrahim Sangaré, Max Gradel e Jean-Philippe Krasso.