Ilkay Gundogan Redam Kekhawatiran Cedera Serius Saat Jerman Bantai Skotlandia

Gila Bola – Ilkay Gundogan berusaha meredam kekhawatiran banyak pihak mengenai cedera yang dialaminya saat Timnas Jerman membantai Skotlandia, 5-1, di laga pembuka – sekaligus laga perdana Grup A di Piala Eropa 2024, Sabtu (15/6).

Di laga tersebut, gelandang Barcelona itu mainkan peranan kunci dalam penampilan gemilang tim asuhan Julian Nagelsmann tersebut. Sayangnya, ada momen yang mengkhawatirkan fans Barca selama pertandingan itu.

Pada akhir babak pertama, Gundogan terjatuh di area penalti Skotlandia setelah sebuah tekel dilakukan pemain lawan.

Awalnya, tekel itu tampak kasar, tapi kemudian dinilai wajar. Ryan Porteous mencoba membelokkan bola, hingga akhirnya membuahkan sepak pojol. Namun, tayangan ulang menunjukkan cerita berbeda.

Tayangan ulang tersebut ungkapkan, Porteous benar-benar mengenai pergelangan kaki Gundogan. Hal inilah yang kemudian membuat wasit putuskan untuk memberi hadiah penalti kepada Jerman, dan Porteous diganjar kartu merah karena tekel berbahayanya tersebut.

Kondisi Ilkay Gundogan Baik-baik Saja

Diberitakan Barca Universal, sangat beruntung Gundogan terhindar dari cedera serius akibat insiden itu.

Walau mendapat tekel keras, Gundogan berhasil tuntaskan permainannya selama 90 menit laga yang berlangsung di Allianz Arena tersebut.

Usia pertandingan, dia sempat berbicara soal insiden itu, dan kembali meyakinkan semua orang bahwa tak ada hal serius dalam dugaan cedera yang dialaminya. Menurutnya, engkelnya baik-baik saja, dan tak ada sesuatu yang serius yang harus dicemaskan.

“Segalanya baik-baik saja dengan engkel ini, tidak ada yang serius, cuma benturan keras,” tandas Gundogan, seperti dilansir Sport.

Raihan Positif Timnas Jerman di Awal Euro

Timnas Jerman awali perjuangan mereka di ajang Euro 2024 dengan penampilan yang solid dan mendominasi jalannya laga melawan Skotlandia, di mana mereka kumpulkan lima gol lewat aksiĀ Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz, Niclas Fullkrug dan Emre Can.

Kemenangan telak ini tentu saja menjadi sesuatu yang positif bagi Timnas Jerman, jelang laga penyisihan grup yang berikutnya melawan Hongaria pada 19 Juni. Skuad Nagelsmann kemudian akan menutup fase grup dengan hadapi Swiss empat hari berikutnya.

Pertandingan pembuka ini juga tunjukkan kekuatan dan kedalaman skuad Die Mannschaft, serta memberi harapan besar bagi para fans-nya di sisa turnamen ini.

Meskipun ada kekhawatiran dengan kondisi Gundogan, tapi kemampuannya untuk bermain penuh dan komentar yang disampaikannya usai laga telah meyakinkan banyak orang bahwa dia akan terus bermain dan menjadi pemain penting bagi Jerman di laga-laga berikutnya.