Indonesia vs Turkmenistan: Siapa Bermain Sebagai Starter?

Gila Bola – Timnas Indonesia akan bertemu Turkmenistan di laga persahabatan Fifa Matchday di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9) malam.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, diperkirakan akan memulai laga ini dengan menunjuk beberapa pemain debutan untuk bermain dan tunjukkan kebolehan mereka di lapangan.

Di antara para pemain debutan tersebut, nama Aji Kusuma dan Sandy Walsh diberitakan berpeluang besar bermain sebagai starter di pertandingan ini. Begitu juga dengan kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata, yang berpeluang bermain lagi sebagai starter setelah absen di dua laga persahabatan usai Piala AFF 2022, yakni laga melawan Burundi dan Argentina.

Sayangnya, Shin Tae-yong akan bertanding tanpa dua bek andalannya, Elkan Baggott dan Rizky Ridho, yang akan membela Timnas U23. Karena itulah, pelatih asal Korea Selatan itu diperkirakan bakal andalkan Fachruddin Aryanto, Jordi Amat dan Sandy Walsh. Shin Tae-yong pun diperkirakan akan lakukan perubahan posisi pemain di lini ini.

Shin Tae-yong diperkirakan akan andalkan lagi Rahmat Irianto dan Marc Klok di posisi gelandang tengah, yang diharapkan bisa menjaga kedalaman di lini tersebut. Lalu, di lini depan, pelatih 52 tahun itu diperkirakan akan andalkan Stefano Lilipaly, Egy Maulana Vikri dan Dendy Sulistyawan.

Prediksi Timnas Indonesia vs Turkmenistan
Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Jordi Amat, Fachruddin; Aryanto, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Marc Klok, Edo Febriansah; Stefano Lilipaly, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri.

Erick Tohir: Wajib Menang Atas Turkmenistan

Sementara itu disela-sela Coaching Clinic BVB Legends Tour Indonesia di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (8/9), Ketua Umum PSSI Erick Tohir menyatakan Timnas Indonesia wajib menang di laga melawan Turkmenistan malam ini.

Apalagi, menurutnya, pertandingan ini menjadi upaya yang dilakukan PSSI untuk memperbaiki posisi Timnas Indonesia dalam daftar FIFA. Saat ini, Indonesia yang bertengger di peringkat 138 – 12 poin di bawah Turkmenistan.

Erick Tohir yakin, prediksi menang untuk Timnas Indonesia akan menjadi kenyataan di laga malam nanti.

Timnas Indonesia Lakukan Persiapan yang Berat

Diakuinya, Timnas Indonesia lakukan persiapan yang berat di awal bulan September ini, karena agenda padatnya yang harus dilakoni. Di samping laga persahabatan melawan Turkmenistan yang bertepatan dengan FIFA Matchday, PSSI juga harus mempersiapkan Timnas U-23 yang akan beraksi di Kualifikasi Piala Asia U-23/2024.

Di samping itu ada pula persiapan Timnas Indonesia U23 untuk Asian Games di Hangzhou, China, yang pemusatan latihannya akan dilakukan setelah Fifa Matchday dan Kualifikasi Piala Asia U23.

Di Asian Games kali ini, Indonesia berada di Grup F cabor sepak bola putra bersama Korea Utara, Kirgistan dan Taiwan. Tim Merah Putih dijadwalkan bertemu Kirgistan pada 19 September, lalu melawan Taiwan pada 21 September dan Korea Utara tiga hari berikutnya.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!