Inggris Menang 2-1 Atas Belanda, Ollie Watkins Jadi Supersub Lewat Gol Telatnya!

Gilabola.com – Inggris menang 2-1 atas Belanda di babak semifinal Piala Eropa 2024, Ollie Watkins yang baru masuk di akhir pertandingan berhasil mencetak gol kemenangan The Three Lions!

Belanda sempat unggul terlebih dahulu lewat gol cepat Xavi Simons di menit ke-7, Harry Kane langsung membalasnya melalui titik penalti di menit ke-15. Dan Ollie Watkins yang menjadi pemain pengganti berhasil menjadi pahlawan kemenangan lewat golnya di menit terakhir pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Kobbie Mainoo memulai pertandingan semi-final ini. Inggris mengoper bola ke Jordan Pickford yang melepaskan tendangan jauh ke depan. Virgil van Dijk berhasil mencapai bola tersebut lebih dulu dibanding Harry Kane, tetapi hanya kepalanya yang mengenai bola sehingga bola kembali ke John Stones yang kemudian kembali menyundulnya ke depan.

Setelah perebutan bola yang menegangkan itu, Belanda menguasai bola dan mencoba menyerang melalui sayap kanan dengan mengirim bola ke Donyell Malen yang salah perhitungan dalam berlari sehingga dinyatakan offside.

Belanda tampak bermain lebih tajam di awal dibandingkan Inggris, dan mereka baru saja membuktikannya. Xavi Simons berhasil merebut bola dari Declan Rice, kemudian berlari ke depan dan melepaskan tembakan keras yang menjebol gawang Inggris. Jordan Pickford terlihat terkejut dengan tembakan tersebut.

Inggris pernah bangkit dari ketertinggalan melawan Slovakia dan Swiss. Dan kali ini Harry Kane nyaris menyamakan kedudukan melalui tendangan pertamanya di laga ini.
Tendangan kedua harry Kane, ketika ia melepaskan tembakan melengkung ke atas mistar dan dilanggar oelh Denzel Dumfries, berbuah penalti. Penalti tersebut dieksekusi dengan sempurna oleh Kane dan merubah kedudukan menjadi imbang 1-1. Performa apiknya di awal pertandingan menjadi pertanda bahwa ia lebih tajam dibandingkan pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Kobbie Mainoo menerima bola, berputar, dan membawa bola ke depan di menit ke-24. Ia kemudian memberikan umpan ke kotak penalti kepada Phil Foden yang berlari masuk dari belakang. Foden meliuk-liuk, melewati lawan, dan mengontrol bola dengan kaki kanan sebelum menaklukkan kiper lawan, tetapi bola disapu oleh pemain belakang Belanda yang berdiri tepat di garis gawang!

Belanda mendapatkan tendangan sudut yang diumpan ke kepala Denzel Dumfries di menit ke-31. Ia menyundul bola ke arah gawang dan mengenai mistar sebelum bola tersebut melambung ke atas.

Satu menit kemudian giliran tiang gawang yang menggagalkan usaha The Three Lions! Declan Rice mengoper bola ke Bukayo Saka yang berhasil mengontrol bola dan memberikan umpan kepada Phil Foden. Foden berputar setengah badan, melihat ke kiri, dan melepaskan tembakan ke arah tiang jauh gawang. Bola melengkung ke dalam dan membentur tiang gawang sebelum keluar lapangan!

Pertandingan ini adalah yang paling mengalir yang pernah dijalani Inggris di Kejuaraan Eropa. Meskipun mereka tidak menguasai pertandingan, tidak dapat dibantah bahwa laga ini lebih sesuai dengan gaya bermain mereka. Gelandang serang mereka, termasuk bek sayap nominal Bukayo Saka, semuanya sangat terlibat dalam membangun serangan dan mereka berhasil menembus pertahanan Belanda dengan cukup teratur.

Di babak kedua, pergantian pemain kedua yang dilakukan oleh Ronald Koeman menjadi tanda bahwa Belanda sedang kesulitan menghadapi Inggris. Joey Veerman, yang ditarik keluar lapangan setelah 35 menit melawan Austria, adalah pemain pengganti yang sangat berbeda ketika Memphis Depay cedera, dengan tujuan untuk memberi De Oranje lebih banyak kendali di lini tengah.

Wout Weghorst juga masuk pada babak kedua. Xavi Simons, yang tampil cemerlang di awal pertandingan di posisi sentral, kemudian bermain di sayap kanan.

Jordan Pickford adalah kiper yang paling banyak bekerja di babak kedua dan Bukayo Saka, yang berpengaruh di 45 menit pertama ketika bekerja sama dengan Phil Foden, pada dasarnya justru hanya menjadi penonton.

Southgate pada umumnya tidak melakukan pergantian pemain secara dini di babak knockout, tetapi tampaknya ini adalah saat yang tepat baginya untuk melakukan perubahan karena melihat Belanda semakin percaya diri.

Di menit ke-80, Inggris mengira mereka berhasil mencetak gol keunggulan! Phil Foden memberikan umpan terobosan kepada Kyle Walker yang sedang melakukan overlap. Walker membawa bola ke depan lalu mengopernya kembali ke Bukayo Saka. Saka langsung menceploskan bola ke gawang dengan sentuhan pertamanya, tetapi hakim mengangkat bendera offside. Dan rekaman ulang menunjukkan Walker sedikit offside.

Harry Kane dan Phil Foden ditarik keluar digantikan oleh Cole Palmer dan Ollie Watkins untuk 10 menit terakhir pertandingan. Dan terbukti ampuh strategi Southgate!

Dan pada akhirnya, Ollie Watkins menjadi penentu kemenangan Inggris lewat gol telatnya di menit terakhir babak kedua. Ollie Watkins berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Dia berlari cepat ke kotak penalti melewati Stefan de Vrij, menerima umpan dan kemudian mengarahlannya masuk ke sudut jauh gawang Belanda. Bola memantul masuk ke gawang setelah membentur tiang gawang.

Pertandingan antara Belanda vs Inggris pun berakhir dengan skor 1-2 dan The Three Lions berhak melaju ke babak final melawan Spanyol yang akan digelar pada hari Senin 15 Juli 2024 dinihari.