Jadi Underdog, Timnas Indonesia Bakal Tampil Lepas di Piala Asia 2023

Gila BolaTimnas Indonesia akan hadapi lawan berat di fase grup Piala Asia 2023. Skuad asuhan Shin Tae-yong tentunya harus fokus dalam bertanding, karena mereka akan bertemu Jepang yang bertekad juara di ajang ini.

Di fase Grup D Piala Asia 2023, Indonesia barangkali tak menjadi tim yang dianggap ‘bisa mengancam’ ketiga tim lawan; Jepang, Irak dan Vietnam. Namun sebagai tim underdog, Elkan Baggott dan kawan-kawan justru bisa diuntungkan, karena tim nantinya bisa bermain bebas tanpa beban.

Di laga pertama fase grup, Indonesia akan bertemu Irak pada 15 Januari, lalu Vietnam di pertandingan kedua empat hari kemudian, dan dilanjutkan dengan bertemu tim raksasa Asia, Jepang, di pertandingan ketiga pada 24 Januari 2024.

Tampaknya, cukup masuk akal jika kita, Timnas Indonesia, dipandang sebelah mata, bahkan oleh lawan pertama, Irak. Hal ini sempat diperkuat oleh pernyataan Presiden Asosiasi Sepak Bola Irak, Adnan Darjal, beberapa waktu lalu, yang mengatakan bahwa Indonesia tak bisa bersaing di fase grup Piala Asia 2023.

Darjal hanya menganggap Jepang, Korea Selatan, Iran dan Australia yang layak mereka takuti, apalagi Irak pernah permalukan Indonesia 5-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan November.

Lawan Yakin Timnas Indonesia Tak Bakal Lolos Fase Grup!

Indonesia bahkan tak pernah dianggap sebagai lawan yang mengerikan oleh sesama tim asal Asia Tenggara, Vietnam, yang jadi lawan di laga kedua fase grup. Ini juga tak mengherankan, karena mereka beberapa kali berhasil kalahkan skuad Garuda di banyak pertemuan sebelumnya.

Dengan adanya Irak dan Jepang di grup yang sama, media Vietnam soha.vn bahkan memberitakan bahwa tim Merah Putih TAK AKAN LOLOS ke babak berikutnya!

Lawan terberat skuad Shin Tae-yong di fase ini bisa jadi adalah Timnas Jepang. Tim asuhan Hajime Moriyasu itu tercatat sudah empat kali menjadi juara di ajang Piala Asia, yakni pada tahun 1992, 2000, 2004 dan 2011. So, tak heran jika Indonesia tidak dianggap lawan menakutkan oleh mereka.

Timnas Indonesia Bakal Tampil Tanpa Beban Walau Shin Tae-yong Bekali Strategi

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Namun dengan anggapan ini, tim Merah Putih diharapkan bisa tampil lepas tanpa beban, karena – sadar betul, bahwa lawan-lawan yang akan dihadapi di fase grup ajang ini merupakan tim-tim kuat.

Meski demikian, Shin Tae-yong dipastikan bakal menyusun strategi terbaik bagi timnya, dan persiapkan fisik pemain agar tetap fit selama perhelatan ini berlangsung.

Indonesia memang kalah dalam tiga laga uji coba jelang Piala Asia 2023 ini. Di dua laga melawan Libya, skuad Shin Tae-yong kalah 0-4 dan 1-2, lalu dibantai Iran 0-5 pada Rabu (10/1) dini hari, tapi diharapkan pengalaman bertanding melawan dua tim kuat tersebut berhasil membuat Rafael Struick dan kawan-kawan tak canggung – apalagi nervous, melawan tiga tim yang akan mereka hadapi di fase grup ajang ini.