Jatah Euro 2024 Mengecil, Beberapa Pemain Inggris Terancam Gagal Lolos

Gilabola.com – Jatah jumlah pemain satu skuad mengecil kembali menjadi 23 orang, dan inilah beberapa nama yang bisa dicoret dari timnas Inggris, yang akan dibawa ke Piala Eropa 2024.

Selama era krisis kesehatan sejak 2020, jumlah pemain untuk turnamen Euro 2020 dan Piala Dunia 2022 dinaikkan menjadi 26 orang guna mengantisipasi kalau-kalau ada yang mendadak pilek, pusing-pusing dan demam di tengah jalan.

Kini, seturut kondisi yang sudah kembali normal, jumlah pemain diturunkan kembali ke angka semula, 23 orang. Itu bisa berdampak sangat besar bagi dua-tiga pemain utama tim Tiga Singa.

Resep dari Gareth Southgate, Sang Pelatih

Mereka yang multitalenta, atau bisa bermain di lebih dari satu posisi, akan sangat menguntungkan. Itulah resep dari Gareth Southgate, mengenai siapa yang akan bertahan dan siapa yang tidak.

“Tetapi mereka yang secara fisik rentan, kami harus mempertimbangkannya secara seksama,” tukas sang pelatih timnas Inggris itu.

“Saya tidak bilang bahwa seluruhnya 23 itu harus sempurna, tapi akan jauh lebih sedikit yang rentan dibandingkan dua turnamen terakhir saat kita membawa 26 orang,” katanya lagi, seperti dikutip The Sun.

Lalu Siapa yang Akan Bertahan di Skuad Inggris?

Pemain seperti Reece James, kapten Chelsea dan bek kanan yang sudah beberapa kali keluar masuk kamar perawatan, akan sangat rentan dicoret.

Ia tidak ikut serta dalam jeda internasional kali ini setelah baru saja pulih dari cedera dan tidak ingin membahayakan karirnya di Stamford Bridge.

Dengan Kieran Trippier bisa bermain di dua posisi, termasuk full-back, serta demikian juga Trent Alexander-Arnold, posisi James dalam bahaya besar.

Pemain Tottenham Hotspur James Maddison adalah figur lain yang bisa ditolak jalan-jalan ke Jerman tahun depan.

Waktu Piala Dunia 2022 lalu, ia tengah menderita cedera di lututnya tapi dibawa serta karena angka 26 pemain dalam satu kesebelasan itu mengizinkannya. Belakangan terbukti ia tidak bisa turun satu menit pun di Qatar.

Kini dengan tambahan cedera pergelangan kaki yang diderita bekas pemain Leicester City tersebut, kecil kemungkinan Maddison akan masuk ke dalam skuad 23 pemain untuk Euro 2024.

Ben Chilwell adalah pemain berikutnya yang bisa ditolak masuk. Ia saat ini menjadi andalan tim nasional, tapi begitu Luke Shaw kembali pulih dan karena sifat spesialis Chilwell di posisi bek kiri, kecil kemungkinan ia diajak.

Pemain yang paling dicari adalah model seperti Alexander-Arnold, yang bisa bermain sebagai bek sayap maupun gelandang pengatur serangan.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!