Laga Pertama Belgia Tanpa Thibaut Courtois yang Ngambek, Kapten Lukaku Cetak Dua Gol!

Gila BolaBelgia turun dengan susunan pemain darurat setelah kiper utama Thibaut Courtois ngambek dan menolak membela timnas untuk laga tandang di Estonia. Tidak masalah! Kapten Romelu Lukaku bahkan mencetak dua gol!

Dua gol pemain Chelsea yang menjalani masa pinjaman di Inter itu terjadi dalam rentang tiga menit jelang akhir babak pertama, mengukuhkan dominasi Belgia yang merupakan tim ranking keempat dunia atas tim Estonia, tim posisi 108 dalam daftar ranking FIFA.

Itu merupakan gol Lukaku ke-19 dan 20 selama musim 2022/23, dengan enam terjadi bagi Die Roten Teufel, dan sisanya bagi sang raksasa Serie A.

Bayangan buruk bahwa Belgia akan ditaklukkan Estonia gara-gara kiper berkualitas rendah di bawah mistar, tidak terjadi. Semua bayangan buruk itu muncul setelah kiper utama timnas, Courtois, ngambek.

Anak asuhan Domenico Tedesco bahkan mencetak gol ketiga jelang akhir melalui Johan Bakayoko dan skor akhir 0-3 bagi kemenangan Die Roten Teufel.

Thibaut Courtois Ngambek Tidak Dijadikan Kapten Belgia 

Cerita ini muncul usai hasil imbang 1-1 Belgia vs Austria yang usai Senin dini hari 19 Juni 2023. Skornya sih biasa saja. Hasil imbang ini juga biasa, belum menentukan apa-apa bagi nasib Belgia. Masih ada enam pertandingan kualifikasi lagi untuk menentukan siapa lolos ke Euro 2024.

Tetapi yang terjadi sesudah pertandingan, itu yang mengejutkan. Courtois mengatakan pada pelatih anyar tim nasional Domenico Tedesco bahwa ia merasa tersinggung tidak dijadikan kapten tim saat pertandingan lawan Austria tersebut dan memutuskan mundur dari timnas. Entah untuk sementara atau selamanya.

Siapa memangnya kapten Belgia? Seharusnya Kevin De Bruyne. Namun karena ia cedera pada final Liga Champions, tujuh hari sebelumnya, sang gelandang tidak masuk skuad Belgia saat menjamu timnas Austria. Ada dua pilihan wakil kapten, Thibaut Courtois, atau Romelu Lukaku.

Tedesco memilih Lukaku sebagai skipper untuk laga lawan Austria dengan rencana menjadikan Courtois sebagai kapten tim saat tandang di Estonia. Entah ia mengkomunikasikan hal itu atau tidak, kenyataannya sang kiper Real Madrid sudah terlanjur ngambek dan memilih tidak ikut pergi ke Estonia.

Stat Permainan Menunjukkan Jurang Kualitas Estonia vs Belgia

Statistik permainan memperlihatkan lebarnya perbedaan kualitas kedua tim, Estonia vs Belgia. Tuan rumah yang menduduki posisi 108 dunia dalam daftar ranking FIFA gagal mencatatkan satu kali pun serangan tepat sasaran ke gawang Matz Sels, kiper Strasbourg yang turun menggantikan Courtois.

Estonia memiliki delapan percobaan gol, namun berhasil dicegah melepaskan satu kali pun serangan tepat sasaran oleh para pemain belakang Belgia. Sementara Lukaku mencatatkan dua gol yang datang dari 12 percobaan dan dan lima serangan on target timnya.

Di Manakah Posisi Belgia Saat Ini?

De Rode Duivels kini mengisi ranking kedua dari Grup F kualifikasi Euro 2024, nilai tujuh, tiga poin di bawah pemimpin klasemen Austria yang diasuh bekas pelatih Manchester United Ralf Rangnick.

Dengan Swedia di posisi ketiga kehilangan poin setelah kalah dari Austria, sepertinya Belgia tidak perlu terlalu khawatir soal kelolosan ke putaran final tahun depan di Jerman. Hanya dua tim paling atas dari setiap grup yang akan lolos.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!